Terungkap! Alasan Rio Haryanto Gagal Finis Terdepan di Blancpain GT Suzuka 2019

Minggu, 23 Juni 2019 10:34 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Rio Haryanto gagal finis terdepan pada ajang balapan Blancpain GT World Challange Asia 2019 Sabtu (22/06/19). Kegagalan Rio ternyata akibat mobil yang dikendarainya.

Sebelum dimulainya balapan utama, pembalap pengganti T2 Motorsports, Gregory Teo, melakukan sesi kualifikasi pertama. Sayangnya, saat memasuki lap pertama pembalap pengganti sementara David Tjiptobiantoro itu justru mengalami kecelakaan sehingga harus kembali ke pit.

Padahal, mobil yang akan dikendarai ini akan digunakan untuk babak kualifikasi lanjutan yang akan dijalani Rio Haryanto. Hal ini pun langsung berimbas ke mantan pembalap F1 pertama di Indonesia itu yang tampil tidak maksimal.

"Sangat kecewa tidak bisa memberikan hasil sesuai kapabilitas kami, mobil tidak stabil karena front splitter rusak dan juga rear wing bengkok," ujar Rio sesuai rilis yang diterima INDOSPORT.

Kerusakan mobil ini cukup sulit untuk diperbaiki. Pasalnya tim T2 Motorsports hanya memiliki waktu terbatas yaitu kurang dari 5 jam saja untuk segera memperbaiki masalah sebelum balapan pertama dimulai.

Hal ini pun mengakibatkan T2 Motorsports harus rela mendapat posisi grid ke-18. Gregory Teo sempat menjadi driver pembuka, sayang posisinya justru makin menjauh ke peringkat 20 di 30 menit awal balapan.

Di menit yang sama terjadi penggantian driver dari Greg ke Rio Haryanto. Namun karena posisi yang kian jauh Rio tak mampu mengejar ketertinggalan para pesaingnya. Hasil ini pun membuat T2 berada di posisi 10 klasemen sementara.

Kerusakan mesin ini pun sempat diutarakan Team Principal T2 Motorsports, Irmawan Poedjoadi, yang mengutarakan belum dapat memecahkan masalah kerusakan mobil yang digunakan dalam ajang balapan ini.

"Kami masih berkutat dengan penyelesaian service mobil kami, sejauh ini memang betul mobil kami belum kembali ke kondisi semula," ujar Irmawan.

Meski memulai dengan awal yang buruk, Rio masih berlaga di race kedua Blancpain GT World Challange Asia 2019 yang digelar di Sirkuit Suzuka hari ini, Minggu (23/06/19).