Salip 17 Pembalap dalam 16 Putaran, Rio Haryanto Jadi Sorotan

Senin, 24 Juni 2019 12:48 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto jadi sorotan komentator asing di ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 seri Sirkuit Suzuka, Jepang. Copyright: © Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto jadi sorotan komentator asing di ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019 seri Sirkuit Suzuka, Jepang.

INDOSPORT.COM – Rio Haryanto menjadi sorotan komentator asing dalam balapan kedua Blancpain GT World Challenge Asia 2019 seri Sirkuit Suzuka, Jepang, pada Minggu (23/6/19) pukul 11.00 waktu setempat. Ia menjadi sorotan usai berhasil menyalip 17 pembalap dalam 16 putaran yang ia tempuh.

Rio yang membela tim T2 Motorsports memulai balapan dari posisi ke-18. Ia yang turun sebagai pembalap pertama mendapatkan jatah 16 putaran.

Mantan pembalap F1 tim Manor Racing ini tampil agresif sejak dimulainya perlombaan. Dalam kurun waktu 10 menit, ia berhasil menyalip empat mobil di depannya. Rio yang tak menyia-nyiakan setiap peluang kemudian berhasil menempati posisi tujuh saat putaran ke-15.

Tak disangka, hanya dalam satu putaran, pembalap kebanggaan Indonesia ini bisa menyalip enam mobil di depannya dan berhasil menduduki posisi runner-up sebelum berganti pembalap. Hal inilah yang membuat dirinya mendapatkan pujian dari sang komentator.

Potensi Rio ini sebenarnya terlihat dalam sesi latihan bebas. Ia menduduki peringkat kedua secara keseluruhan di sesi free practice yang diadakan pada hari Jumat (21/06/19). Tak hanya itu, ia meraih peringkat ketiga pada sesi official practice yang diadakan pada hari Sabtu (22/06/19).

“Saya sudah berusaha memberikan hasil yang semaksimal mungkin di ajang balap kali ini dengan tampil kompetitif sehingga dapat menyusul cukup banyak driver” ujar Rio Haryanto.

Namun, T2 Motorsports tidak beruntung dalam balapan seri ini. Pada balapan sehari sebelumnya, Rio dan Gregory Teo (Singapura) harus puas finish di peringkat ke-18 akibat insiden kecelakaan di sesi kualifikasi.

Hal tersebut berlanjut pada balapan kedua. Usai Rio bertukar posisi dengan Gregory, mobil T2 Motorsports yang ia kemudikan ditabrak dari belakang. Mereka harus puas mengakhiri balapan di peringkat ke-17.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%