MotoGP

Hasil FP3 MotoGP Belanda: Quartararo Cetak Rekor, Rossi Kena Sial

Sabtu, 29 Juni 2019 16:42 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© @sophia_wrc
Fabio Quartararo puncaki sesi latihan bebas ketiga di MotoGP Assen (29/6/19). Copyright: © @sophia_wrc
Fabio Quartararo puncaki sesi latihan bebas ketiga di MotoGP Assen (29/6/19).

INDOSPORT.COM – Fabio Quartararo memuncaki sesi latihan bebas ketiga MotoGP Assen pada Sabtu (29/6/19). Pembalap Petronas Yamaha SRT asal Prancis itu mencetak rekor waktu tercepat sepanjang masa di Assen dengan waktu 1 menit 32,472 detik.

Pembalap rookie berusia 20 tahun itu kembali menampilkan performa gemilang sejak sesi latihan pertama. Ia menempati posisi pertama pada sesi latihan bebas pertama serta runner-up di sesi kedua pada Jumat (28/6/19).

Ia kembali berpeluang untuk merebut pole position ketiganya pada musim ini. Sebelumnya, memulai balapan di posisi terdepan pada seri Jerez pada 5 Mei 2019 lalu.

Quartararo diikuti oleh Danilo Petrucci, Marc Marquez, dan Takaaki Nakagami. Keempat pembalap ini berhasil menggeser posisi Maverick Vinales yang tampil dominan sepanjang sesi latihan ketiga. Nama terakhir ini harus puas menempati tempat kelima.

Sementara itu, nasib sial harus dialami oleh pembalap Yamaha Monster Energy, Valentino Rossi. Peraih tujuh titel MotoGP ini harus puas menempati urutan ke-14. Catatan waktu terbaiknya yang menembus peringkat kelima dibatalkan karena melewati batas trek.

Dengan hasil ini, Rossi tidak mendapatkan jatah lolos otomatis ke sesi kualifikasi kedua. Pasalnya, ia terlempar dari sepuluh besar total kombinasi waktu terbaik selama tiga sesi latihan bebas pertama.