Jinakkan Pembalap Malaysia, Rio Haryanto Finish 4 Besar Blancpain GT Fuji 2019

Sabtu, 6 Juli 2019 16:21 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto menahan gempuran pembalap Malaysia dan finish di posisi keempat Blancpain GT World Challenge Asia Fuji 2019 kelas ProAm. Copyright: © Charles Coates/Getty Images
Rio Haryanto menahan gempuran pembalap Malaysia dan finish di posisi keempat Blancpain GT World Challenge Asia Fuji 2019 kelas ProAm.

INDOSPORT.COM – Rio Haryanto berhasil finish di urutan keempat kelas ProAm ajang Blancpain GT World Challenge Asia seri ketujuh di Sirkuit Fuji, Jepang, pada Sabtu (06/07/19). Secara overall class (Silver, ProAm, AmAm, dan GT4), Rio dan David Tjiptobiantoro menduduki peringkat sepuluh.

David menjadi pembalap pertama yang turun dengan posisi start overall nomor 13 (nomor 6 kelas ProAm). Hanya dalam beberapa putaran, ia berhasil mendahului tiga pembalap di depannya. Setelah balapan memasuki durasi 35 menit, David mempertahankan posisi 10 (nomor 4 ProAm) sebelum pit-stop.

Usai pit-stop, giliran Rio yang memegang kendali mobil Ferrari 488 GT3. Pembalap T2 Motorsports itu harus berjibaku melawan gempuran pembalap Malaysia, Jaziman Jaafar. Nama terakhir bahkan berhasil mencatatkan fastest lap pada putaran ke-41.

Pada dua putaran terakhir, Jaafar terus memacu mobil Mercedes AMG GT-3 yang ia kendarai. Ia bahkan memangkas jarak menjadi setengah detik di belakang Rio. Namun, Rio berhasil menahan gempuran pembalap Negeri Jiran yang pernah mencicipi ajang Formula 3 tersebut.

Rio sebenarnya juga diuntungkan dengan overlap beberapa pembalap di depannya. Hal tersebut membuat persaingan dengan Jaafar menjadi sedikit melambat. Pasalnya, keduanya harus bergantian menyalip mobil yang melaju lambat.

Sesaat setelah waktu balapan berakhir, jarak finish Rio dengan Jaafar hanya terpaut 0,339 detik. Dengan hasil ini, Rio/David berhasil meraih tambahan satu poin. Ini menjadi catatan poin pertamanya setelah terakhir kali meraihnya pada balapan seri ketiga di Chang International Circuit, Thailand, pada 11 Mei 2019.