Pensiun saat Masih Kompetitif, Marco Melandri Punya Alasan Khusus

Rabu, 10 Juli 2019 21:56 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan datang dari dunia balap motor. Rider asal Italia, Marco Melandri, resmi mengumumkan akan pensiun pada akhir musim 2019.

Mantan runner-up MotoGP 2015 tersebut mengumumkan Kejuaraan Dunia Superbike (World SBK) 2019 akan menjadi musim terakhirnya sebelum resmi gantung helm. 

Melansir dari laman berita olahraga Crash.net, rider veteran tersebut mengaku sangat berat untuk memutuskan pensiun setelah berkarier di dunia balap motor selama 20 tahun lamanya.

"Keputusan untuk pensiun sangat sulit bagi saya. Saya sudah memikirkannya selama beberapa waktu dan sebelum balapan di Imola, saya akhirnya memutuskan pensiun pada akhir musim 2019," tutur Melandri.

Ia pun merasa ini adalah waktu yang tepat untuk menarik diri dari dunia balap motor yang membesarkan namanya. Ia mengaku tidak ingin pensiun hanya karena sudah merasa jenuh atau kesulitan mengukir prestasi.

"Saya merasa lebih baik berhenti saat masih kompetitif. Saya merasa ini saat yang tepat untuk berhenti, ketimbang menunggu saat semuanya menjadi sulit," jelasnya.

Marco Melandri memulai debut karier sebagai pembalap pada World GP 1998 silam dengan berkiprah di kelas 125 cc bersama Honda dengan menduduki posisi ke-3, kemudian naik satu peringkat pada tahun selanjutnya.

Terus menunjukan prestasi apik di dunia balap, ia akhirnya terjun ke MotoGP pada 2003-2010 dan 2015. Ia memutuskan hijrah ke ajang Superbike pada 2011-2014 dan kembali lagi sejak 2017 hingga sekarang dan membela tim GRT Yamaha.