Terjatuh, Rider Indonesia Gagal Juara di Balapan World Endurance Championship

Sabtu, 27 Juli 2019 15:37 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Astra Honda Racing Team
Setelah hujan mengguyur Suzuka International Circuit, Irfan Ardiansyah melakukan start gemilang dari posisi ketiga, Sabtu (27/7/2019). Foto: Astra Honda Racing Team Copyright: © Astra Honda Racing Team
Setelah hujan mengguyur Suzuka International Circuit, Irfan Ardiansyah melakukan start gemilang dari posisi ketiga, Sabtu (27/7/2019). Foto: Astra Honda Racing Team

INDOSPORT.COM – Rider asal Indonesia, Irfan Ardiansyah gagal menjadi juara ajang balap Suzuka 4 Hours World Endurance Championship lantaran sempat terjatuh.

Irfan yang tergabung dalam pabrikan Astra Honda Racing Team telah menjalani balapan yang sulit usai sirkuit Suzuka diguyur hujan deras saat ajang Suzuka 4 Hours, Sabtu (27/07/19).

Sebenarnya Irfan melakukan start gemilang dari posisi ketiga, bersama dua pembalap lainnya. Namun lintasan yang basah membuat balapan tersebut menjadi sulit, yang mengakibatkan rider tanah air yang sempat berada di posisi kedua terjatuh di lap ke-17.

"Saya memulai balapan dengan optimistis dan percaya diri tinggi akan bisa tampil maksimal. Cuaca cukup menantang dan pada lap ke-17, konsentrasi saya terganggu dan saya terjatuh di tikungan kedua terakhir,” kata Irfan, sebagaimana pers rilis yang diterima redaksi berita olahraga INDOSPORT.

“Saya mencoba bangkit dan kembali ke pit. Saya menyesal dan kecewa. Saya mohon maaf kepada tim dan masyarakat Indonesia karena gagal mengulang sukses juara bagi tim,” tambahnya.

Meski demikian, timnya berusaha memperbaiki motor yang rusak. Ketika balapan tersisa satu setengah jam, Lucky Hendriansya kembali ke lintasan, namun hujan deras membuat balapan terpaksa harus terhenti dan menyelesaikan turnamen di posisi ke-44.

"Saya masuk ke lintasan untuk meneruskan balapan. Usaha maksimal yang bisa saya lakukan adalah tampil sebaik dan semampu saya. Sekitar satu jam sebelum finis, balapan dihentikan karena bendera merah berkibar. Saya mohon maaf karena belum bisa memberikan hasil terbaik,” kata Lucky.

Irfan Ardiansyah dan Lucky Hendriansya selanjutnya akan menjalani putaran kelima Asia Road Racing Championship yang akan digelar pada 9-11 Agustus 2019  di Sirkuit Zhuhai, China.

Sementara itu, Astra Honda Racing Team akan kembali beraksi pada Minggu (28/7/2019) di mana Andi Gilang ikut balapan Suzuka 8 Hours bersama Honda Asia-Dream Racing with SHOWA.