MotoGP

Diisukan Pensiun, Ini 3 Calon Pengganti Valentino Rossi di Yamaha

Rabu, 31 Juli 2019 17:58 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Crash.net
Valentino Rossi saat juara MotoGP Assen Belanda 2017 Copyright: © Crash.net
Valentino Rossi saat juara MotoGP Assen Belanda 2017

INDOSPORT.COM – Rider Yamaha, Valentino Rossi, terus diterpa kabar pensiun dari dunia balap motor. Tiga calon pengganti siap mewarisi posisi The Doctor.

Penampilan Rossi tidak dapat dimungkiri semakin menurun. Ia kini menghuni peringkat 6 klasemen sementara MotoGP 2019 dan baru dua kali naik podium.

Kontraknya bersama Yamaha memang baru akan berakhir pada akhir musim 2020. Akan tetapi, pernyataan bos Yamaha, Lin Jarvis, yang mengatakan MotoGP akan tetap meraih tanpa Rossi kian menimbulkan spekulasi.

“Saya pikir MotoGP akan tetap berjalan dengan baik (walau tanpa Rossi). Itu selalu terjadi setiap kali atlet ternama memutuskan pensiun,” ujar Lin Jarvis kepada laman berita olahraga Motorsport-total.com.

Meski begitu, Yamaha disebut telah mulai membidik pengganti Rossi. Setidaknya ada tiga nama yang muncul ke permukaan sebagai pewaris Rossi di Yamaha.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan 3 calon pengganti Valentino Rossi di tim MotoGP Yamaha.

Franco Morbidelli

© Yamaha Racing
Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli dalam acara launching motor tim PETRONAS SRT Copyright: Yamaha RacingFabio Quartararo dan Franco Morbidelli dalam acara launching motor tim PETRONAS SRT

Franco Morbidelli saat ini memperkuat Petronas Yamaha SRT. Ia merupakan pembalap asal VR46 Academy pertama yang menembus MotoGP pada 2018 lalu.

Meski berstatus murid dari Rossi, Morbidelli tidak jarang mampu finis di depan mentornya. Persaingan keduanya mulai melangkah ke babak baru yang lebih serius.

Morbidelli pernah merasakan gelar juara Moto2 pada musim 2017. Ia naik kelas ke MotoGP pada 2018 memperkuat Marc VDS Honda dan langsung merebut gelar Rookie of the Year.

Namanya memang jarang disebut sebagai penerus Rossi. Meski begitu, Yamaha berpeluang merekrut Morbidelli melihat penampilannya yang terus meningkat.

Fabio Quartararo

© GettyImages
Fabio Quartararo pembalap muda MotoGP 2019 Copyright: GettyImagesFabio Quartararo pembalap muda MotoGP 2019

Fabio Quartaro merupakan rekan setim Morbidelli di Yamaha Petronas SRT. Tahun 2019 merupakan debut perdana di kelas MotoGP setelah naik kelas dari Moto2 bersama tim Speed Up.

Hingga seri ke-9 MotoGP 2019, pembalap asal Prancis ini telah dua kali naik podium, di Catalan dan Belanda. Hasil tersebut membuatnya lebih baik di antara para rookie lainnya.

Manajer tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg, menyebut Quartararo yang kini 20 tahun telah dipantau Lin Jarvis sejak masih lama dan disebut bakal menjadi pewaris jangka panjang Rossi.

“Quartararo pada dasarnya mengalahkan semua pembalap, jadi bakatnya jelas, meskipun agak mentah,” ujar Zeelenberg kepada media berita olahraga Motorsport.

Francesco Bagnaia

© Getty Images
Francesco Bagnaia rider motogp 2019 tim Pramac Racing. Copyright: Getty ImagesFrancesco Bagnaia rider MotoGP 2019 tim Pramac Racing.

Francesco Bagnaia kini memperkuat tim Alma Pramac Racing Ducati. Ini merupakan musim perdana jawara Moto2 2018 tersebut di pentas MotoGP 2019.

Bagnaia pernah menjadi bagian dari Academy VR46 didikan Rossi. Ia digadang-gadang juga akan menjadi pewaris Rossi di Yamaha melihat catatan mengejutkan di pramusim MotoGP 2019.

Bagnaia yang berusia 22 tahun menorehkan prestasi manis pada tes pramusim. Tes pramusim Bagnaia di Malaysia bahkan sanggup mengalahkan Rossi.