In-depth

Marquez Bersaudara, Eksistensi Kekuasaan dalam Kejuaraan Dunia Balap Motor

Rabu, 14 Agustus 2019 08:10 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Marca
Dua kakak beradik yang berkecimpung di dunia balap motor MotoGP dan Moto2, Marc dan Alex Marquez. Copyright: © Marca
Dua kakak beradik yang berkecimpung di dunia balap motor MotoGP dan Moto2, Marc dan Alex Marquez.

INDOSPORT.COM – Rekam jejak Marquez bersaudara, Marc dan Alex di ajang balap motor dunia memang menyedot perhatian publik karena eksistensinya dalam kejuaraan dunia balap motor.

Dua bersaudara ini telah mencatatkan sederet prestasi di dunia balap motor, dengan Marc selaku sang kakak mampu didapuk sebagai juara bertahan di ajang MotoGP, sementara Alex tampil impresif diranah Moto2.

Pembalap bersaudara yang merupakan anak dari keluarga sederhana yakni Julià Marquez dan Roser Alenta memiliki cerita unik nan menarik dibalik kisah kesuksesan keduanya.

Berasal dari keluarga yang akrab dengan dunia balap motor lantaran Julia sebagai kepala keluarga merupakan anggota sebuah klub lokal, Moto Club Segre, yang cukup terkenal karena kerap menyelenggarakan balap motor enduro.

Sejak kecil, Marc kerap diajak balapan oleh sang ayah. Namun karena memiliki postur  tubuh yang cukup kecil, ia sempat secara rutin meminum bergizi untuk percepat pertumbuhannya.

Hobi balapan kedua bersaudara ini sudah terlihat sejak kecil. Bahkan ketika berusia lima tahun, Alex pernah bermimpi untuk menjadi mekanik Marc, tetapi saat menjajal sepeda motor pertama kakaknya, Yamaha PW50, ia mulai berubah pikiran.

Keduanya mulai menekuni hobinya tersebut melalui dua cara yang berbeda. Marc awalnya terjun didunia motor off road, sementara Alex memilih untuk menjalaninya di dunia road racing, sebagaimana dilansir dari laman Cycleworld.

Dunia balapan ternyata tidak membuat kedua orangtuanya khawatir. Bahkan baik Julia maupun Roser mendukung pilihan kedua putra tercintanya. Roser malah menerapkan kepada Marc dan Alex untuk menjalani balapan dengan penuh rasa bahagia.

"Saya selalu mengatakan kepada mereka untuk menikmati balapan. Saya tidak pernah mendorong atau menghentikan mereka. Balapan selalu identik dengan bersenang-senang, dan kemudian, di rumah, kami adalah dan tetap keluarga normal,” kata Roser.

Roser juga menambahkan bahwa ia dan suaminya tidak merasa takut jika anaknya terjatuh di atas lintasan balap. Namun, ia menyuruh kedua putranya untuk mengangkat satu tangannya ketika terjatuh sebagai tanda keduanya baik-baik saja.

Menurut Roser, selain postur tubuh, keduanya memiliki sifat yang berbeda saat balapan. Marc yang memiliki otak cerdas bisa dengan cepat mengalihkan serta mudah fokus pada targetnya. Sedangkan Alex sosok pekerja keras yang bisa balapan dengan lebih tenang ketimbang sang kakak.

Catatan Menarik Marc - Alex Marquez di Dunia Balap Motor

Keduanya sering kali mencatatkan juara di seri Grand Prix yang sama, yang terbaru ialah di GP Catalunya di mana Alex berhasil memenangi Moto2, sedangkan sang kakak meraih podium di level MotoGP.

Namun kemenangan tersebut bukanlah satu-satunya. Sebelumnya, mereka juga pernah menjadi juara saat GP Perancis 2019, GP Catalunya 2014, dan GP Belanda 2014.

Pada paruh musim 2019 kali ini, Marc tercatat telah menjuarai enam dari 11 seri balapan MotoGP. Ia diprediksi akan menjadi juara bertahan ajang balap motor musim ini. Sementara Alex berhasil tampil impresif dengan memenangkan lima dari 11 seri balapan Moto2.

Catatan apik yang terus ditorehkan oleh kedua bersaudara membuat eksistensi mereka di kejuaraan dunia balap motor semakin sulit untuk terkalahkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%