Formula 1

Ketua DPRD DKI Jakarta Sebut Formula E Dapat Tingkatkan Perekonomian

Kamis, 15 Agustus 2019 12:41 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Twitter @aniesbaswedan
Gelaran Formula E di Jakarta diharapkan mampu mendongkrak roda perekonomian rakyat. Copyright: © Twitter @aniesbaswedan
Gelaran Formula E di Jakarta diharapkan mampu mendongkrak roda perekonomian rakyat.

INDOSPORT.COM – Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi, menilai ajang balap mobil bertenaga listrik Formula E dapat meningkatkan perekonomian Jakarta dan menjadi kampanye penurunan polusi udara.

Ia pun mengapresiasi upaya Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, untuk menyelenggarakan ajang balapan Formula E pada tahun 2020 mendatang.

Melansir dari laman Antara, Kader PDI Perjuangan itu juga menyebut penyeleggaraan ajang balap mobil Formula E bisa meningkatkan roda perekonomian daerah dan juga sebagai wujud kampanye penurunan polusi di Jakarta.

“Gubernur mencoba mencari terobosan di DKI Jakarta, ada satu niatan kegiatan yaitu Formula E. Satu pandangan beliau bahwa ajang ini bisa dijadikan suatu pemasukan asli daerah yang baru, kalau jadi rutinitas kan kayak Singapura dan Malaysia, pemasukan pendapatan yang bagus,” tutur Prasetyo.

“Apalagi kita sekarang sedang menggalakkan masalah polusi udara. Mungkin di satu sisi ini dapat menjadi kampanye. Ini juga pertama kali di Indonesia, karena Formula E banyak yang berebut di mana-mana, pada minta jadwal,” tambahnya.

Prasetyo Edi Marsudi lalu memberikan contoh saat pengalamannya menonton ajang balap Formula 1 di Singapura, harga hotel melonjak naik sangat drastis dan bisa meningkatkan pendapatan negara.

“Saya kalau nonton Formula 1 di Singapura, yang tadinya hotel cuman Rp5 juta, tiba-tiba jadi Rp100 juta,” pungkasnya. Ia pun berharap hal serupa juga bisa terjadi di Jakarta jika nanti menggelar Formula E.