MotoGP

Belum Pulih Usai Alami Kecelakaan Horor, Joan Mir Kembali Absen di MotoGP 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 16:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© GettyImages
Pembalap asal Spanyol, Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar. Copyright: © GettyImages
Pembalap asal Spanyol, Joan Mir dari tim Suzuki Ecstar.

INDOSPORT.COM – Pembalap tim Suzuki Ecstar, Joan Mir kembali absen di MotoGP Inggris 2019 lantaran belum pulih betul usai mengalami kecelakaan horor di sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Brno, Ceko, awal Agustus lalu.

Absennya Mir untuk kembali mengaspal di Silverstone berdasarkan hasil keputusan bersama tim dan staf medis yang menanganinya lantaran menilai bahwa pembalap berusia 21 tahun itu belum pulih 100 persen dan masih harus menjalani masa pemulihan.

"Setelah tes yang kami lakukan, kami mendeteksi ada beberapa residu yang tersisa di paru-paru, dan untuk alasan keamanan, kami pikir yang terbaik adalah ia akan absen karena belum pulih 100 persen,” ujar Dr. Angel Charte.

Selain itu, Mir juga dianggap masih cukup lemah dan dinilai belum mampu menunjukan performa terbaiknya lantaran kurangnya pelatihan sejak kecelakaan itu.

Di sisi lain, meski merasa kecewa lantaran tak bisa kembali mengaspal di Silverstone, namun Mir bisa menerima kenyataan bahwa kesehatan adalah prioritas utama baginya.

“Pada akhirnya saya tidak dapat balapan di MotoGP Inggris 2019 dan sangat disayangkan. Tapi begitulah keadaannya dan prioritas utama adalah kesehatan saya,” kata Mir, dilansir dari laman resmi MotoGP.

“Usai kecelakaan, saya menghabiskan beberapa pekan untuk istirahat, pertama di rumah sakit, dan selanjutnya di rumah, tetapi saya belum pulih 100 persen jadi lebih baik saya kembali menjalani masa pemulihan dan akan melakukan beberapa pelatihan lagi,” tambahnya.

Absennya Mir membuat pabrikan Suzuki Ecstar menurunkan pembalap penguji, Sylvain Guintoli untuk menggantikannya di MotoGP Inggris 2019 yang akan berlangsung pada akhir pekan nanti.