MotoGP

Duo Pembalap Yamaha Dapat Komponen Baru di Sesi Tes MotoGP San Marino 2019

Jumat, 30 Agustus 2019 13:34 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Saat tes MotoGP San Marino 2019 di Misano, dua pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, pada akhirnya mendapat komponen baru.

Komponen berupa carbon fibre swingarm atau swingarm berbahan serat karbon itu memang sudah lama diidam-idamkan oleh Rossi untuk bisa segera dipasang pada kuda besinya itu. 

"Saya sudah bertanya pada mereka berkali-kali. Saya pikir carbon swingarm bisa membantu kami, sehingga saya berharap Yamaha bisa segera mengabulkannya,

"Saya berharap hal ini tidak memerlukan waktu lama juga," ujar pembalap berjuluk The Doctor itu dilansir laman berita olahraga Crash.

Usai mendapat kabar komponen baru itu, Rossi pun mengaku senang bisa mencobanya di Misano World Circuit Marco Simoncelli. Sesi tes MotoGP San Marino sendiri berlangsung pada 29-30 Agustus 2019.

"Kita punya sesuatu yang menarik untuk dicoba di sini dan saya yakin ini akan menjadi tes yang bagus, hal ini dikarenakan saya cukup yakin mampu melakukan uji coba sepanjang hari. Banyak komponen yang cukup bagus dan kecepatan kami tidaklah buruk," tambahnya.

Komponen carbon fibre swingarm sendiri bukanlah barang baru bagi tim-tim pembalap MotoGP. Ducati telah lebih dulu menggunakan bahan serat karbon ini pada akhir tahun 2009 lalu. Kemudian, penggunaan bahan ini juga dilakukan oleh Honda, Aprilia, KTM, dan yang terbaru Yamaha.

Penggunaan carbon fibre swingarm ini diharapkan bisa menggantikan peran swingarm berbahan aluminium yang mudah patah, karena serat karbon akan lebih meningkatkan kekuatan motor. Selain itu, karena sifatnya yang ringan, performa kendaraan pun tidak akan terganggu.

Alhasil, dengan penanganan yang tepat, pembalap akan mendapat grip yang lebih besar, akselerasi yang lebih mudah ketika menghadapi tikungan, dan daya tahan ban yang lebih lama.

Penggunaan komponen baru ini pada tim Yamaha nampaknya layak untuk disaksikan di ajang balapan seri ke-13 bertajuk MotoGP San Marino 2019, Minggu (15/09/19) mendatang.