Formula 1

Pembalap 'Penikung' Rio Haryanto Gabung Tim Renault untuk F1 2020

Jumat, 30 Agustus 2019 12:47 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Indoaport/Internet
Pembalap 'penikung' Rio Haryanto, Esteban Ocon, bergabung dengan tim Renault. Copyright: © Indoaport/Internet
Pembalap 'penikung' Rio Haryanto, Esteban Ocon, bergabung dengan tim Renault.

INDOSPORT.COM - Pembalap pengganti Rio Haryanto di Manor Racing pada balapan tahun 2016, Esteban Ocon, pada akhirnya bergabung dengan tim Renault untuk perhelatan F1 2020.

Ocon dipastikan akan menggantikan peran Nico Hulkenberg usai sempat menjadi pembalap pengganti Mercedes selama kurun waktu kurang dari setahun sejak bergabung tahun 2019 ini.

Mendapat posisi utama di ajang balapan bergengsi di dunia memberikan kesan tersendiri bagi pembalap asal Prancis ini. Dirinya pun sempat mengutarakan siap untuk menampilkan yang terbaik.

"Pertama dan terpenting, saya merasa sangat bangga menjadi pembalap Renault. Saya punya hubunngan yang kuat dengan tim dan semua orang yang bekerja disini. Renault sudah memberikan kesempatan besar bagi saya," ujar Ocon dilansir laman resmi Formula1.

"Kedua, saya merasa senang karena tim telah memberikan kepercayaan bagi saya untuk menunjukan kemampuan saya balapan di ajang F1. Merupakan tanggung jawab saya untuk memenuhi keinginan mereka dengan memberikan yang terbaik di ajang balapan nanti," tutupnya.

Berpalingnya pembalap berusia 22 tahun itu ke Renault sekaligus menghapus kesempatan dirinya tampil bersama Lewis Hamilton di tim Mercedes. Sebelumnya, Ocon memang sempat dikabarkan akan menggantikan peran Valtteri Bottas di tim pabrikan asal Jerman itu.

Sebelum bergabung ke tim Mercedes dan Renault, Ocon sempat lebih dulu bergabung dengan Manor Racing di ajang F1 GP 2016 lalu. Kala itu dirinya menggantikan peran pembalap Indonesia, Rio Haryanto, yang harus mundur dari tim Manor dikarenakan masalah kontrak.

Esteban Ocon pun pada akhirnya menjadi pembalap utama Manor Racing di sembilan balapan F1 GP 2016 yang tersisa. Debut perdananya sebagai pembalap utama F1 bisa dibilang cukup baik.

Ocon kerap mencapai finis tanpa mengalami kendala sepanjang balapan. Posisi terbaiknya ialah finis di peringkat ke-12 F1 GP Brasil 2016.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%