In-depth

F1 GP Belgia 2019: Momentum Vettel Juara dan Keraguannya Asapi Hamilton

Sabtu, 31 Agustus 2019 19:03 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, punya kans asapi Lewis Hamilton dan menjuarai F1 GP Belgia 2019, Minggu (01/09/19).

Ferrari menguasai sesi latihan bebas atau free practice (FP) 1 dan 2 F1 GP Belgia 2019 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Jumat (30/08/19) WIB.

Vettel menjadi yang tercepat di FP1 dengan catatan waktu 1 menit 44,574 detik, sedangkan di FP2 didominasi rekan setimnya, Charles Leclerc.

Ini menjadi pertanda baik bagi Ferrari, lebih-lebih Vettel. Pembalap asal Jerman itu berpeluang mengulangi pencapaian apiknya di GP Belgia 2018 lalu.

Vettel sejauh ini telah mengoleksi 3 kemenangan di Sirkuit Spa, sama dengan catatan kemenangan yang dimiliki pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Keberuntungan Vettel semakin bertambah mengingat Ferrari merupakan raja GP Belgia dengan rekor 17 kemenangan, terbanyak di antara pabrikan lainnya.

Meski begitu, ada yang membuat Vettel ragu untuk bisa mengasapi Hamilton atau pembalap Mercedes lain, Valtteri Bottas, di GP Belgia 2019.

Vettel masih menyimpan curiga dengan Mercedes. Hal itu tampak masuk akal mengingat rivalnya tersebut selalu bisa menikung Ferrari dari sesi kualifikasi sampai race.

“Tentu mereka bisa melewati kami. Ini bukan pertama kalinya, Jumat lalu begitu baik bagi kami begitu juga Sabtu. Kita lihat apakah Sabtu juga begitu. Saya tidak bisa menjaminnya,” ungkap Vettel seperti dilansir dari situs resmi Formula 1.

Kekhawatiran yang sama juga dimiliki oleh Leclerc. Ia meyakini Mercedes akan semakin cepat setelah menemukan set up terbaik mereka, terlebih di sektor satu dan dua Sirkuit Spa.

Vettel akan memanfaatkan kelebihan Ferrari di lintasan lurus. Kelebihan itulah yang membuat Mercedes harus menurunkan downforce dan menemukan setingan wing yang pas.

“Kami selalu tahu Ferrari begitu kuat di Belgia, juga Red Bull. Tetapi Ferrari sangat kuat di sesi latihan, mereka benar-benar ‘membunuh’ kami di lintasan lurus,” kata Bottas.

Ferrari sejauh ini belum merasakan kemenangan pada musim 2019. Hamilton masih jauh di puncak klasemen dengan torehan 250 poin dengan rincian 8 kemenangan.

GP Belgia 2019 menjadi harapan bagi Vettel untuk bisa mengasapi Hamilton dan berharap keajaiban seperti di GP Jerman lalu terulang sekali lagi saat Mercedes tergelincir dan gagal naik podium.