Formula 1

FIA Mulai Investigasi Kecelakaan yang Tewaskan Anthoine Hubert

Senin, 2 September 2019 16:51 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jagat penggemar kompetisi balapan mobil Formula kini tengah berduka. Pasalnya salah satu pembalap F2, Anthoine Hubert harus meregang nyawa ketika mengikuti kompetisi balap F2 GP Belgia 2019 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu (31/8/19) lalu.

Pihak Federasi Otomotif Internasional (FIA) lantas membuat investigasi untuk menemukan penyebab pasti kematian pembalap 22 tahun itu.

"Investigasi terkait kecelakaan sudah digelar dimulai dari hari Sabtu (31/8/19) lalu. Beberapa departemen FIA seperti bagian teknis, keselamatan, dan sebagainya dipastikan akan membantu penyelidikan," ujar direktur balapan FIA, Michael Masi dilansir laman berita Planetf1.

"Pihak FIA juga akan bekerja sama dengan pihak Royal Automobile Belgia (RACB) untuk membantu penyelidikan ini," tutup Michael.

Sebelumnya memang sempat terjadi kecelakaan fatal ketika berlangsungnya ajang balapan F2 yang melibatkan Hubert dengan pembalap Sauber Junior, Juan-Manuel Correa dan Giulano Alesi dari tim Trident di seri balapan Belgia 2019, Sabtu (31/8/19) lalu.

Ketika memasuki tikungan empat pada putaran kedua, mobil Alesi sempat berada di luar kendali sehingga membuat Hubert harus menghindar. Namun sayang usaha ini membuat pembalap BWT Arden itu harus menabrak penghalang. Nasib naas kembali menimpanya usai ditabrak Correa.

Correa langsung dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani operasi patah tulang kaki dan tulang belakang. Sayangnya nyawa Hubert tak bisa diselamatkan usai mendapat luka yang serius akibat insiden ini. Kecelakaan ini pun sempat membuat feature race F2 harus dibatalkan.

Hingga kini mendiang Hubert telah mendapat banjiran ucapan duka dari berbagai pihak salah satunya pembalap F1 dari tim Ferrari, Charles Leclerc yang mendedikasikan kemenangannya untuk sang pembalap bernomor 18 itu.