MotoGP

Sulit Patahkan Dominasi Marquez, Rossi Sempat Mengeluh soal Motornya

Selasa, 3 September 2019 14:30 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MotoGP
Valentino Rossi belum mampu menyaingi Marc Marquez dalam beberapa musim MotoGP terakhir. Copyright: © MotoGP
Valentino Rossi belum mampu menyaingi Marc Marquez dalam beberapa musim MotoGP terakhir.

INDOSPORT.COMValentino Rossi belum mampu menyalip keunggulan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, dalam beberapa musim balapan MotoGP terakhir. Kekurangan pada tunggangannya pun dibeberkan pemimpin proyek tim Yamaha, Takahiro Sumi.

Sumi mengakui adanya kelemahan pada motor Yamaha yang membuat Rossi dan juga rekan setimnya, Maverick Vinales, sempat mengeluh. Hal ini sekaligus memperlebar jarak Yamaha dengan Honda.

Baik Rossi maupun Vinales acap kali memberikan komentar buruk tentang performa motor YZR-M1 di mana terdapat beberapa sektor akselerasi dan elektronik seperti carbon fiber swingarm serta beberapa keluhan lainnya. Takahiro Sumi pun buka suara.

"Kami telah meningkatkan motor kami sejak tahun lalu, tetapi tidak bekerja dengan cara yang sama di semua trek. Sayangnya kesenjangan pada top speed telah meningkat, sehingga para pembalap tak tampil maksimal,” ujar Sumi, dilansir dari laman Corsedimoto.

“Ini adalah masalah terbesar kami. Kami berada di situasi yang tidak menyenangkan dan membutuhkan mesin yang lebih kuat, yang mana sedang kami benahi musim ini,” tambahnya.

Masalah yang dihadapi para rider Yamaha memberikan keuntungan bagi Marc Marquez yang seolah tak terkalahkan. Pembalap asal Spanyol tersebut berpotensi juara di musim 2019 dan meraih gelar keenam kalinya secara keseluruhan di kelas MotoGP.

Saat ini Valentino Rossi berada di peringkat enam dengan 116 poin, berada di belakang Vinales dengan hanya berselisih dua poin. Sementara itu, Marquez masih kokoh menjadi pemuncak klasemen sementara MotoGP 2019 dengan 250 poin.