In-depth

Mungkinkah Digdaya Mercedes Berakhir di GP Italia 2019?

Sabtu, 7 September 2019 21:19 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Lars Baron/Getty Images
Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, dua pembalap dari Mercedes berhasil menguasai Formula 1 GP Bahrain 2019. Copyright: © Lars Baron/Getty Images
Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, dua pembalap dari Mercedes berhasil menguasai Formula 1 GP Bahrain 2019.

INDOSPORT.COMFormula 1 2019 seri ke-14 akan kembali digelar pada Minggu (08/09/19) malam WIB. Nantinya, balapan itu akan diselenggarakan di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, GP Italia.

Sejak beberapa musim terakhir, GP Italia sendiri selalu didominasi oleh pembalap pabrikan Mercedes, yakni Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Lalu mungkinkah dominasi Mercedes di GP Italia bisa berakhir pada musim 2019 ini?

Dominasi Mercedes di GP Italia ini sudah terjadi sejak musim 2014 lalu, di mana Lewis Hamilton mampu menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 1:19:10.236. Sedangkan, di posisi kedua masih juga dimenangkan oleh pembalap Mercedes, yakni Nico Rosberg.

Pada musim selanjutnya, Hamilton kembali tak terkalahkan di GP Italia. Bedanya, kali ini dua posisi teratas tak lagi dihuni oleh Mercedes. Karena pada saat itu pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, menjadi terbaik kedua pada GP Italia 2015 lalu.

Hamilton sendiri gagal mempertahankan kemenangannya di GP Italia pada 2016 lalu dan hanya mampu menduduki posisi kedua. Akan tetapi, dominasi Mercedes tidak berakhir setelah Nico Rosberg mampu menjadi yang terbaik.

© Getty Images
Caption Copyright: Getty ImagesLewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Pada GP Italia 2017, Hamilton kembali memperbutkan tahtanya dan terus melanjutkan tradisi dominasi Mercedes. Pembalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas pun juga membuntuti Hamilton di peringkat kedua dengan selisih waktu 4,471 detik.

Terakhir, Mercedes juga kembali menjadi raja di GP Italia pada musim Formula 1 2018 lalu. Dua pembalap Mercedes, Hamilton (peringkat 1) dan Bottas (posisi ke-3), masuk podium bersama Kimi Raikkonen.

Melihat catatan pembalap Mercedes dalam beberapa tahun terakhir itu, memang agak sedikit mustahil jika dominasi mereka akan berakhir di GP Italia. Akan tetapi bukan berarti pembalap pabrikan lain tak akan bisa memenangkan balapan pada akhir pekan nanti.

Salah satu pembalap yang bisa merusak dominasi Mercedes adalah Charles Leclerc. Karena pembalap muda Ferrari tersebut baru saja menampilkan permainan fantastis pada GP Belgia pekan kemarin.

Dirinya sukses mengasapi Hamilton dengan selisih waktu yang cukup tipis, yakni 0,981 detik. Bukan tidak mungkin jika Leclerc kembali merusak dominasi Hamilton pada GP Italia 2019 nanti. Jika benar demikian, dirinya juga bakal memutus kedigdayaan Mercedes di Italia.