Formula 1

Dapat Banyak Penalti, Sebastian Vettel Terancam Absen Balapan?

Senin, 9 September 2019 12:54 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Pembalap Formula 1 (F1) Ferrari, Sebastian Vettel . Copyright: © INDOSPORT
Pembalap Formula 1 (F1) Ferrari, Sebastian Vettel .

INDOSPORT.COM – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel terancam absen dalam satu seri balapan Formula 1 jika dirinya terus mendulang catatan negatif di balapan musim 2019 ini.

Vettel baru saja mendapatkan tiga penalti poin usai mengalami insiden dengan pembalap Racing Point, Lance Stroll di GP Italia 2019 yang berlangsung di di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Minggu (08/09/18).

Saat memasuki putaran ketujuh, Vettel terlihat sempat bersenggolan dengan Stroll. Bermula dari mobil yang dikemudikan Vettel kehilangan kendali dan berbalik arah. Namun, saat berusaha kembali ke lintasan, mobil Vettel menyenggol mobil Stroll.

Kejadian tersebut dianggap sebagai insiden berbahaya oleh FIA, dan ia mendapatkan tiga penalti poin sementara Stroll diberi dua poin penalti untuk insiden serupa dengan Pierre Gasly (Toro Rosso).

Tak hanya itu, Vettel juga diberi penalti stop-and-go selama 10 detik sedangkan Stroll diberi penalti drive-through atau menerima hukuman pengurangan waktu hingga penurunan posisi saat balapan masih berlangsung.

Disadur dari laman Race Fans, insiden ini membuat Vettel mendulang catatan negatif lantaran saat ini ia sudah mengumpulkan total sembilan penalti poin.

Nantinya, jika Vettel mengumpulkan ppoin penalti hingga menyentuh angka 12 sampai setahun ke depan, maka ia akan dilarang membalap untuk satu lomba.

Menanggapi kejadian bersenggolan dengan Stroll, Vettel mengaku bahwa dirinya tak melihat jagoan tim papan tengah tersebut saat hendak kembali ke lintasan balap sirkuit Monza.

“Itu memang kesalahan saya, tapi saat saya hendak kembali ke lintasan balap saya tidak melihat posisi Stroll dan kami pun bersenggolan,” ujar Vettel.