MotoGP

Pengamat MotoGP Sebut Ada Peran Valentino Rossi di Balik Kemenangan Marquez

Rabu, 18 September 2019 13:31 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Valentino Rossi dan Marc Marquez Copyright: © Getty Images
Valentino Rossi dan Marc Marquez

INDOSPORT.COM – Pengamat MotoGP, Carlo Pernat mengatakan bahwa ada peran Valentino Rossi di balik kemenangan rider Repsol Honda, Marc Marquez di MotoGP San Marino 2019 pada akhir pekan lalu.

Mantan manajer Rossi tersebut mengatakan kemenangan Marquez tidak lepas dari insiden yang terjadi antara Marquez dan rider Monster Energy Yamaha pada sesi kualifikasi berlangsung di sirkuit Misano.

Pada sesi kualifikasi tersebut, Rossi dan Marquez sempat bersitegang dan saling bersenggolan, di mana keduanya menilai satu sama lain sengaja menghalangi jalurnya sehingga hampir terjatuh di tikungan ke-11.

Kejadian tersebut diyakani Pernat bahwa Marquez takkan menang jika insiden itu tak terjadi, lantaran perseteruan tersebut nyatanya menjadi pelecut semangat bagi rider berjuluk The Babby Alien.

"Jika tak ada keributan kecil antara Rossi dan Marquez pada sesi kualifikasi, Marquez bisa saja kalah untuk ketiga kali secara beruntun, dan akan finis kedua lagi," ujar Pernat, disadur dari laman GPOne.

"Setelah kejadian di kualifikasi, Marquez berusaha keras menjawab insiden itu dengan performanya dan dia telah melakukannya. Marquez ingin menebus insiden dengan Rossi dan dia berhasil melakukannya," tambahnya.

Semangat serta ambisi yang ditunjukan Marquez pun berbuah hasil baik, di mana rider asal Spanyol tersebut menjadi juara di Misano usai mengalahkan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) melalui duel sengit di akhir-akhir lap.

Sementara Valentino Rossi sendiri harus puas finish diurutan keempat, dibelakang rekan satu timnya yakni Maverick Vinales yang berhasil masuk tiga besar.