Formula 1

Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, Indonesia Kini Setara dengan Negara Eropa Lainnya

Jumat, 20 September 2019 19:14 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E Copyright: © fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E

INDOSPORT.COM – Ajang kejuaraan dunia balap mobil Formula E telah secara resmi menunjuk DKI Jakarta sebagai salah satu tuan rumah untuk musim depan. Ini membuktikan, bahwa ibukota Indonesia tersebut setara dengan negara Eropa lainnya.

Pemerintah Indonesia bersama Federation International Automobile (FIA) resmi memasukan Jakarta sebagai tuan rumah Formula E yang akan digelar untuk pertama kalinya pada 6 Juni 2020.

Ditunjuknya Jakarta untuk menggelar kejuaraan mobil listrik yang nantinya menggunakan sirkuit jalanan di sekitaran Monumen Nasiol (Monas), membuktikan bahwa Indonesia setara dengan sejumlah negara Eropa yang juga menjadi tuan rumah.

Negara-negara Eropa tersebut ialah Italia, Prancis, Jerman, Inggris dan New York. Namun, selain sejumlah negara Eropa ada juga negara benua Asia lainnya yang menjadi tuan rumah yaitu Arab Saudi, Hong Kong, China, dan Korea Selatan.

Sementara terdapat beberapa negara benua Amerika juga berkesempatan menjadi tuan rumah kejuaraan Formula E yakni Chili dan Meksiko.

Digelarnya Formula E merupakan salah satu kampanye kendaraan ramah lingkungan, dengan mempromosikan kelebihan yang dimiliki oleh mobil listrik yang sudah membuktikan bisa digunakan untuk balapan.

Sebagai informasi tambahan, layout trek dan konfigurasi sirkuit akan diumumkan secara menyusul dalam beberapa hari kedepan, bersama dengan kalender musim 2019/20 yang diperbarui setelah pertemuan FIA World Motor Sport Council pada Oktober mendatang.