MotoGP

Kecelakaan Rins dan Morbidelli Buka Jalan Dovizioso Raih Podium di Aragon

Senin, 23 September 2019 17:57 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© getty images
Andrea Dovizioso buka suara soal podium yang ia raih di MotoGP Aragon. Copyright: © getty images
Andrea Dovizioso buka suara soal podium yang ia raih di MotoGP Aragon.

INDOSPORT.COM - Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, merasa podium yang ia peroleh di MotoGP Aragon, Minggu (22/09/19) merupakan 'berkah' dari kecelakaan yang dialami Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT).

Andrea Dovizioso akhirnya melakukan comeback dengan berhasil menjadi runner-up di belakang Marc Marquez, setelah sempat melempem di dua seri balapan sebelumnya.

Mengawali balapan MotoGP Aragon dari posisi ke-10, jagoan Ducati itu langsung merangsek ke posisi depan usai memanfaatkan peluang kala Rins dan Morbidelli mengalami kecelakaan di tikungan ke-12 lap pertama.

"Setelah start dengan cukup baik, banyak pembalap menghalangi saya mendapatkan posisi yang bagus, tapi akhirnya Rins dan Morbidelli melakukan kesalahan sehingga jalur saya terbuka. Sejak itu saya mulai bisa memperbaiki posisi saya," tutur Dovizioso, dilansir dari laman Crash.

"Saya tidak perlu menggeber motor saya agar terlalu kencang sehingga bisa menghemat ban belakang saya. Itulah yang memungkinkan saya tampil konsisten hingga lap terakhir," tambahnya.

Didapuk sebagai runner-up MotoGP Aragon membuat pembalap yang akrab disapa Dovi ini masih berada di peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2019 dengan raihan 202 poin, atau selisih 98 angka dari Marc Marquez yang makin nyaman di posisi teratas.

Selain itu, Dovi juga sempat mengatakan bahwa fokusnya saat ini bukanlah lagi mengejar Marquez karena dinilai sudah mustahil. Namun ia ingin bersaing dengan pembalap lainnya seperti Fabio Quartararo dan Maverick Vinales yang kian mengancam posisinya di peringkat kedua.