Formula 1

Presiden FIA Tepis Rumor Adanya Tim Baru di Formula 1

Kamis, 26 September 2019 16:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Jean Todt menjawab isu yang mengatakan bahwa pada Formula 1 2021 akan ada tim baru yang akan bergabung. Copyright: © INDOSPORT
Jean Todt menjawab isu yang mengatakan bahwa pada Formula 1 2021 akan ada tim baru yang akan bergabung.

INDOSPORT.COM – Beredarnya kabar akan adanya tim baru di kejuaraan balap mobil Formula 1 menyusul adanya regulasi musim 2021. Namun kabar tersebut langsung ditepis oleh presiden FIA, Jean Todt.

Ajang Formula 1 akan menghadirkan banyak perubahan regulasi pada musim 2021, di mana dikabarkan kemungkinan akan ada tim baru yang bergabung di musim tersebut, yakni Panthera Team Asia.

Namun Todt selaku presiden Federasi Otomotif Internasional (FIA) itu menepis kabar tersebut dan mengatakan bahwa tidak ada tindakan nyata dari rumor tersebut.

"Saya tidak mempertimbangkan pembicaraan atau gosip atau hal-hal seperti itu. Saat ini saya tidak pernah mendengar kabar ini secara pasti,” ujar Todt, dilansir dari laman berita olahraga Inside Racing.

“Saya hanya mendengarnya selain dari beberapa situs berita yang berbicara tentang tim baru, saya juga tidak pernah memiliki kontak kuat dari tim yang relevan yang ingin bergabung dengan F1. Saat ini kami senang memiliki 10 tim,” tambahnya.

Terkait rumor sebelumnya, Panthera Team Asia sempat dikabarkan memperkerjakan tim inti seperti direktur teknis dan direktur olahraga, di mana tim tersebut digawangi oleh Benjamin Durand. Ia diketahui pernah membantu seorang miliader Boris Rotenberg di WEC pada 2013 hingga 2016.

Selain itu, mantan insinyur aerodinamika pabrikan Renault, Toyota, Caterham dan Manor, Tim Milne juga tampaknya akan berpartisipasi dalam proyek Panthera, yang akan berbasis di Inggris. Namun rumor tersebut akhirnya telah ditepis secara resmi oleh Todt.

Keputusan regulasi memang disebut-sebut akan membuat terjadi banyak perubahan mulai dari masalah keuangan tim, aturan teknis balapan, keuangan tim serta berapa aturan baru lainnya pada musim 2021 nanti.