Formula 1

Vladimir Putin Bakal Bantu Subsidi Pembangunan Sirkuit Baru GP Rusia

Jumat, 27 September 2019 12:59 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alexander Zemlianichenko Jr./Bloomberg via Getty Images
Sirkuit St Petersburg akan jadi pengganti Sochi Autodrom pada musim 2021. Alexander Zemlianichenko Jr./Bloomberg via Getty Images. Copyright: © Alexander Zemlianichenko Jr./Bloomberg via Getty Images
Sirkuit St Petersburg akan jadi pengganti Sochi Autodrom pada musim 2021. Alexander Zemlianichenko Jr./Bloomberg via Getty Images.

INDOSPORT.COM – Presiden Rusia, Vladimir Putin, dikabarkan akan membantu pendanaan pembangunan sirkuit baru untuk gelaran Formula 1 GP Rusia. Ia pun tak segan-segan mengeluarkan budget besar untuk proyek tersebut.

GP Rusia yang telah lama digelar di Sirkuit Sochi Autodrom sejak 2014 silam kabarnya akan menggelar balapan terakhir pada tahun 2020 musim depan, dan akan di pindah ke St Petersburg.

Melansir dari laman berita olahraga Sportsmail, Vladimir Putin bersedia membantu membiayai sirkuit yang akan dibangun 15 mil atau 3 kilometer dari pusat kota setempat tersebut.

Jika kabar ini telah dikonfrimasi secara resmi, dipastikan St Petersburg akan menjadi tuan rumah baru GP Rusia pada musim 2021 mendatang.

Sementara itu, kejuaraan jet darat Formula 1 seri ke-16 musim ini akan berlangsung pada Minggu (29/09/19) mendatang di Sirkuit Sochi Autodrom. Tim Mercedes difavoritkan memperpanjang catatan positifnya di GP Rusia.

GP Rusia sempat disebut sebagai balapan kandang tim berjuluk The Silver Arrows tersebut, lantaran sejak digelar kembali pada 2014 silam, hanya Mercedes yang mampu meraih juara.

Tercatat, Lewis Hamilton mampu meraih tiga kemenangan (2014, 2015, 2018), sementara dua kemenangan lainnya diraih oleh Nico Rosberg (2016) dan Valtteri Bottas (2017).

Namun Mercedes tak bisa menganggap remeh balapan tersebut. Sejumlah pembalap dari tim seperti Ferrari dan Red Bull tentu memiliki ambisi memutus rantai dominasi yang telah diraih oleh tim yang dikepalai oleh Toto Wolff tersebut.