Formula 1

Klasemen Formula 1 2019: Situasi Bertolak Belakang Hamilton dan Leclerc

Senin, 30 September 2019 10:17 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
© behance.net
Inilah klasemen sementara kompetisi balap mobil Formula 1 dimana Lewis Hamilton masih perkasa, tapi Charles Leclerc justru berpotensi disalip Max Verstappen. Copyright: © behance.net
Inilah klasemen sementara kompetisi balap mobil Formula 1 dimana Lewis Hamilton masih perkasa, tapi Charles Leclerc justru berpotensi disalip Max Verstappen.

INDOSPORT.COM - Inilah klasemen sementara kompetisi balap mobil Formula 1 2019 dimana Lewis Hamilton dari Mercedes masih perkasa, tapi Charles Leclerc dari Scuderia Ferrari justru bisa disusul Max Verstappen dari Red Bull Racing.

Perhelatan Formula 1 musim ini memang semakin mendekati akhir dengan sudah berjalan 16 babak. Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton semakin kokoh di puncak setelah pada Minggu, 29 September 2019 kembali sukses menjuarai GP Rusia. Saat ini, ia menorehkan 322 poin.

Sama halnya dengan rekan setimnya, Valtteri Bottas. Pembalap asal Finlandia itu juga kembali sukses finis di posisi 'favoritnya', posisi dua, di Rusia. Padahal sebelumnya di GP Singapura, Bottas hanya mampu finis di posisi lima. Saat ini, ia memiliki 249 poin.

Di posisi tiga ada bintang tim Ferrari, Charles Leclerc. Setelah tampil perkasa pada GP Belgia dan GP Italia, pembalap asal Monaco itu justru kembali tampil kurang maksimal di GP Rusia dengan finis di posisi tiga. Karena hal itu, ia memiliki 215 poin.

Berbeda dengan Hamilton yang posisinya aman di puncak klasemen, posisi Leclerc justru bisa disusul oleh pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen yang berada di peringkat empat dengan 212 poin. Jika ia tampil buruk di GP Jepang mendatang, Verstappen berpotensi menggeser posisi Leclerc.

Sementara itu, Sebastian Vettel yang juga berasal dari tim Ferrari masih menghuni peringkat lima dengan 194 poin. Meski pada GP Singapura ia mampu finis di posisi satu, tapi di GP Rusia dirinya terpaksa keluar dari balapan pada putaran 28. Inilah yang membuatnya tidak mendapat poin di Rusia.

Meski demikian, dengan 194 poin, posisi Vettel masih aman. Karena pembalap Red Bull lainnya, Pierre Gasly, hanya memiliki 69 poin di peringkat enam. Situasi ini membuatnya cukup sulit untuk bisa menggeser posisi Vettel.

Di dasar klasemen (peringkat 20), George Russel dari tim Williams masih tak tergantikan. Meski kompetisi sudah berlangsung selama 16 babak, tapi dirinya sama sekali belum mendapat poin (0 poin).

Berikut klasemen kompetisi balap mobil Formula 1 2019. Untuk klasemen pembalap dan konstruktor yang lebih lengkap bisa kunjung website F1.

© Situs Resmi F1
Klasemen F1, Senin (30/9/19) Copyright: Situs Resmi F1Klasemen F1, Senin (30/9/19)