MotoGP

Rossi Terancam, Bos Yamaha Akan Datangkan Quartararo untuk Menggantikannya?

Senin, 30 September 2019 15:19 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Crash.net
Posisi Valentino Rossi kini terancam usai bos Yamaha, Jarvis Lin, sempat berencana merekrut Fabio Quartararo sebagai pembalap penggantinya. Copyright: © Crash.net
Posisi Valentino Rossi kini terancam usai bos Yamaha, Jarvis Lin, sempat berencana merekrut Fabio Quartararo sebagai pembalap penggantinya.

INDOSPORT.COM - Performa Valentino Rossi kian menurun sepanjang musim MotoGP 2019. Hal ini pun nampaknya membuat Direktur Yamaha, Lin Jarvis santer dikabarkan ingin menggantikan perannya.

Jarvis dikabarkan tertarik melakukan penggantian pembalap dari Rossi ke Fabio Quartararo untuk menjalani laga MotoGP 2020 mendatang. Hal ini sendiri terkait performa Yamaha di ajang balap motor MotoGP yang dinilai mulai menurun.

Orang nomor satu Yamaha itu tidak menampik jika para pembalap miliknya yakni Rossi dan Maverick Vinales cukup sulit bersaing dengan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Alhasil mereka pun kini tengah mencari pembalap lain yang dinilai mampu bersaing dengan momok utama mereka itu.

"Satu-satunya pembalap yang memiliki kemampuan memenangkan gelar juara MotoGP ialah Marc Marquez. Melawan pembalap yang lebih muda terlihat cukup sulit ketika dia (Rossi) sudah berusia 40 tahun," ujar Jarvis dilansir laman berita AS.

"Kami memang memiliki keinginan yang jelas untuk merekrut Fabio Quartararo. Selain itu kami juga punya rencana cadangan merekrut (Franco) Morbidelli," tutupnya.

Pendapat Jarvis sendiri nampaknya cukup beralasan. Meskipun Quartararo merupakan pembalap rookie, dirinya dinilai mampu bersaing dengan Marquez yang notebene paling tercepat di lintasan.

Tercatat dirinya berhasil meraih podium dalam empat seri balapan 2019 (Catalunya, Belanda, Austria, dan San Marino). Torehan ini sendiri melebihi jumlah yang mampu dikoleksi Rossi yang hanya mampu meraih podium dua kali.

Terlepas dari itu, pendapat bos Ducati, Paolo Ciabatti, juga sempat mengutarakan kekagumannya dengan sosok Quartararo. Ciabatti bahkan menyatakan jika sosok pembalap berusia 20 tahun itu digadang-gadang bisa menjadi "The Next Marquez" karena performanya yang apik.