MotoGP

Demi Kejar Ambisi, Valentino Rossi Kembali Ganti Crew Chief Yamaha

Sabtu, 5 Oktober 2019 05:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GettyImages
Valentino Rossi resmi menunjuk Davide Munoz sebagai Crew Chief Yamaha yang baru pada musim depan. Copyright: © GettyImages
Valentino Rossi resmi menunjuk Davide Munoz sebagai Crew Chief Yamaha yang baru pada musim depan.

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan datang dari rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi resmi menunjuk Davide Munoz untuk menggantikan posisi Silvano Galbusera sebagai Crew Chief atau kepala kru di MotoGP 2020 mendatang.

Pada musim depan, rider berusia 40 tahun tersebut akan bekerja sama dengan Munoz, yang saat ini menjadi crew chief Nicolo Bulega di Sky Racing VR46, serta sempat mendampingi Francesco Bagnaia meraih gelar dunia Moto2 2018.

“Setelah balapan di Misano, kami berbicara dengan Galbusera karena ingin mencoba sesuatu yang baru untuk lebih baik. Ia ingin bekerja untuk Yamaha tetapi dia ingin mencoba pekerjaan dengan tingkat stress yang lebih rendah dan tidak harus sering keluar Italia,” kata Rossi, dilansir dari laman Crash.

“Kami memutuskan agar Galbusera bekerja untuk tim tes tahun depan. Saya akan memiliki kepala kru baru yang datang dari tim Moto2 (Sky Team Racing VR46), namanya Davide Munoz. Dia masih muda tetapi memiliki ide yang brilian,” tambahnya.

Ditunjuknya Munoz untuk menggantikan Galbusera yang telah bekerja sama denga Rossi sejak musim 2014, lantaran pembalap berjuluk The Doctor menilai bahwa belum terdapat perkembangan secara signifikan di tim Yamaha yang membuat dirinya memutuskan untuk merombak tim teknisnya.

Terhitung sudah dua tahun lebih sejak Rossi meraih kemenangan terakhirnya dalam balapan MotoGP Belanda pada Juni 2017. Hasil minor seolah terus menghantuinya. Pergantian ini juga sebagai usaha Rossi untuk mengejar ambisi mengulang masa jayanya yang telah lama hilang.

Nantinya, Galbusera hanya akan bekerja di markas tim tersebut di Lesmo, Italia pada musim depan. Tercatat, Munoz merupakan crew chief ketiga yang akan menemani sepak terjang karier balapan Rossi.

Sebelumnya, Rossi bekerja sama dengan Jeremy Burgess yang kemudian digantikan oleh Galbusera pada 2014, dan berlanjut dengan Munoz yang akan menggantikan orang kepercayaan The Doctor pada musim depan.