Formula 1

Fakta-fakta Jelang F1 GP Jepang, Hamilton Kejar Rekor Schumacher

Jumat, 11 Oktober 2019 17:02 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© The Asahi Shimbun/The Asahi Shimbun via Getty Images
Lewis Hamilton di F1 GP Jepang tahun 2018 silam Copyright: © The Asahi Shimbun/The Asahi Shimbun via Getty Images
Lewis Hamilton di F1 GP Jepang tahun 2018 silam

INDOSPORT.COM - Seri ke-17 Formula 1 (F1) GP Jepang 2019 akan berlangsung pekan ini, Minggu (13/10/19), di Sirkuit Internasional Suzuka.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan perolehan poin 322, diikuti rekan setimnya, Valtteri Bottas, dengan selisih 73 poin.

Hamilton kembali meraih puncak podium di GP Rusia setelah dalam tiga balapan sebelumnya kalah bersaing dengan duo pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel.

GP Jepang diprediksi akan menjadi medan pertempuran bagi Mercedes dan Ferrari. Hamilton mengincar rekor baru dan sekaligus melanjutkan dominasi Mercedes di GP Jepang.

Selain itu, ada sejumlah fakta menarik yang patut untuk disimak jelang GP Jepang 2019. Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkumnya untuk Anda.

Sirkuit Suzuka

Sirkuit Suzuka telah menjadi tuan rumah F1 sejak 1987 dan tidak pernah absen hingga kini, kecuali 2007 dan 2008 saat dipindahkan ke Sirkuit Fuji Speedway.

Sirkuit ini memiliki panjang 5,8 kilometer dengan total 53 putaran balap. Bentuk layout Suzuka mirip seperti angka delapan (8) dengan lintasan S yang menantang.

Pembuktian Hamilton

Hamilton telah mengoleksi lima gelar di GP Jepang, empat di Suzuka dan satu di Fuji. Empat gelar terakhir didapatkan Hamilton dalam lima tahun terakhir.

Pembalap asal Inggris itu berpeluang menyamai rekor legenda Ferrari, Michael Schumacher, yang telah mengoleksi enam gelar di GP Jepang.

Vettel menguntit Hamilton dengan empat gelar. Semua kemenangan Vettel di GP Jepang diraih saat ia masih membela tim konstruktor Red Bull.

Konstruktor Terbaik

Mercedes berhasil menguasai GP Jepang dalam lima edisi terakhir. Total konstruktor asal Jerman tersebut sukses mengoleksi lima gelar.

Akan tetapi, konstruktor pengoleksi gelar juara terbanyak justru dikuasai McLaren dengan raihan sembilan trofi, diikuti Ferrari tujuh gelar.

Rekor Raikkonen

Kimi Raikkonen masih memegang rekor race lap terbaik di GP Jepang, yakni 1:31,540 (2005) saat memperkuat tim konstruktor McLaren.

Pembalap asal Finlandia itu juga pernah menjuarai GP Jepang dari grid 17. Menariknya, delapan dari 14 pemenang selalu berasal dari peraih pole position.