Formula 1

Jadwal F1 GP Jepang Terganggu, Lewis Hamilton Beri Tanggapan Tak Terduga

Jumat, 11 Oktober 2019 13:52 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Mark Thompson/GettyImages
Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, buka suara soal perhelatan Formula 1 GP Jepang yang mengalami gangguan. Mark Thompson/GettyImages. Copyright: © Mark Thompson/GettyImages
Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, buka suara soal perhelatan Formula 1 GP Jepang yang mengalami gangguan. Mark Thompson/GettyImages.

INDOSPORT.COM - Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, memberikan tanggapannya terkait jadwal Formula 1 GP Jepang yang terganggu lantaran adanya Topan Hagibis.

Badai berkecepatan sekitar 200 kilometer per jam tersebut memang menerjang wilayah Jepang. Namun, titik puncaknya adalah akhir pekan ini, yaitu 11 s.d. 13 Oktober 2019. 

Pihak Formula 1 pun pada akhirnya harus mengundur sesi kualifikasi yang awalnya akan digelar pada Sabtu (12/10/19) menjadi Minggu (13/10/19). Meski demikian, sesi latihan bebas pertama dan kedua tetap diselenggarakan hari ini, Jumat (11/10/19).

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton sebelumnya sudah memberi dukungan kepada pihak penyelenggara terkait masalah cuaca ekstrem Topan Hagibis ini. Ia pun yakin segala keputusan apa pun itu akan diambil demi kebaikan bersama.

"Mereka telah melakukan segala cara yang mereka bisa. Saya percaya mereka telah mempersiapkan rencana terbaik. Karena, mereka tahu bahwa cuaca ekstrem ini akan terjadi," ujar Lewis Hamilton, dikutip dari laman The Independent.

Meski demikian, secara tidak terduga, Hamilton mengaku senang balapan di lintasan yang basah. Menurutnya, hal tersebut tidak akan memengaruhi dirinya.

"Perubahan dan kondisi seperti ini menciptakan tantangan yang lain dan saya menyukai hal itu. Apalagi, saya lebih suka berkendara di medan yang basah," tutupnya.

Dengan perubahan jadwal Formula 1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, sesi kualifikasi akan dilangsungkan pada Minggu, 13 Oktober 2019 pukul 08.00 WIB. Sementara balapannya sendiri akan dilaksanakan pada pukul 12.10 WIB.

Di klasemen sementara Formula 1 musim ini, Lewis Hamilton masih perkasa di puncak dengan 322 poin. Di posisi dua ada Valtteri Bottas, rekan Hamilton, dengan 2489 poin. Sementara itu, Charles Leclerc (Ferrari), berada di peringkat tiga dengan 215.

Di peringkat empat ada pembalap Red Bull Racing-Honda, Max Verstappen, dengan 212 poin. Di peringkat lima ada rekan setim Leclerc di Ferrari, Sebastian Vettel, yang baru mengumpulkan 194 poin.