MotoGP

Misano Resmikan Papan Nama Jalan untuk Kenang Marco Simoncelli

Senin, 14 Oktober 2019 15:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Demi terus menghidupkan kenangan Marco Simoncelli, Misano kini meresmikan papan nama jalan yang didedikasikan untuk pembalap asal Italia tersebut.

Sirkuit Misano sejatinya sudah berganti nama menjadi 'Misano World Circuit Marco Simoncelli' atau ‘Sirkuit Dunia Misano Marco Simoncelli’ pada 3 Juni 2012, menyusul kematian sang pembalap di MotoGP Malaysia pada tahun 2011 silam.

Namun, kenangan terhadap Marco Simoncelli masih sangat kuat. Papan nama khusus bertuliskan ‘Via Marco Simoncelli’ pun dipasang di ruas jalan arteri sekitar area sirkuit. 

Sirkuit Misano melalui akun resmi Instagram mengonfirmasikan peresmian papan nama jalan tersebut, yang juga dihadiri oleh ayah sang pembalap, Paolo Simoncelli, dan sang istri Rosella, Minggu (13/10/19).

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Misano World Circuit (@misanoworldcircuit) on

“Setiap kali saat-saat seperti ini terjadi, kami tidak bisa menahan sedih. Kami selalu bertanya-tanya apa yang dilakukan Marco saat menerima semua rasa cinta ini,” kata Paolo Simoncelli, diwartakan laman berita olahraga Sky Sport Italia.

“Hubungan kami dengan Sirkuit Misano semakin kuat. Kami melakukannya (memasang papan nama jalan) bersama orang-orang baik, pemerintah kota membuat kami bangga, dan di saat-saat seperti ini saya hanya ingin menangis. Teruslah membawa kenangan Marco bersama kami.”

Untuk diingat kembali, Marco Simoncelli kehilangan kendali motornya saat melaju di tikungan 11 Sirkuit Sepang saat MotoGP Malaysia 23 Oktober 2011. Pembalap Tim Honda Gresini tersebut sempat dibawa ambulans namun sayang nyawanya tidak tertolong.

Sirkuit Misano pun lalu mengabadikan namanya. Sirkuit yang menjadi tuan rumah MotoGP San Marino tersebut memiliki panjang lintasan hingga 4,2 km dengan 16 tikungan, yaitu enam tikungan ke kiri dan sepuluh tikungan ke kanan, serta bergerak searah jarum jam.

Sirkuit ini bisa dibilang menjadi 'rumahnya' tim MotoGP Yamaha, dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo jadi dua pembalap yang paling banyak menang.