MotoGP

Peluang Ranking Tertinggi Valentino Rossi dan Vinales di MotoGP 2019, Pepet Marquez?

Minggu, 20 Oktober 2019 16:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Valentino Rossi dalam lintasan balap MotoGP. Copyright: © Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Valentino Rossi dalam lintasan balap MotoGP.

INDOSPORT.COM – Meski Marc Marquez telah resmi menyabet gelar tertinggi di MotoGP musim 2019 ini, namun dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales bisa saja menyusul di ranking teratas dengan beberapa peluang berikut.

Sebagaimana diketahui, ajang MotoGP 2019 masih menyisakan tiga balapan lagi menuju akhir musim ini, yakni MotoGP Australia (27/10/19), MotoGP Malaysia (03/11/19), dan ditutup dengan MotoGP Valencia (17/11/19).

Pembalap Yamaha mulai unjuk gigi dan mendominasi podium di beberapa balapan terakhir. Bahkan, perolehan poin Yamaha sangat tipis dengan Ducati yang berada di peringkat kedua, hanya terpaut selisih dua poin dan sama-sama meraih 14 podium paska MotoGP Jepang (20/10/19).

Pembalap legendaris Yamaha, Valentino Rossi, bahkan berpeluang besar untuk bisa beranjak ke ranking atas di sisa balapan musim ini. Saat ini, ia berada di posisi ketujuh dengan koleksi 145 poin.

Jika Rossi berhasil meraih podium tertinggi di tiga balapan terakhir, tambahan 75 poin setidaknya dapat membawa pembalap Italia itu mengakhiri musim ini di peringkat ketiga, dengan catatan jika pesaing beratnya seperti Alex Rins dan Danilo Petrucci gagal meraih hasil maksimal.

Demikian pula dengan Maverick Vinales, yang saat ini menjadi pembalap Yamaha dengan capaian poin tertinggi, yakni 176 poin dan bertengger di peringkat keempat klasemen sementara.

Vinales bahkan berpeluang besar untuk menyapa Marc Marquez di klasemen akhir, jika berhasil meraih podium pertama di tiga laga tersisa.

Namun, posisi ini tentu saja bisa terancam oleh kehadiran Andrea Dovizioso yang sudah naik delapan podium, sementara Vinales baru mencapai enam podium di sepanjang musim ini.

Lantas, mampukah Valentino Rossi dan Maverick Vinales membuktikan keperkasaan Yamaha di sisa balapan musim ini, dan menyusul Marquez di posisi teratas?