MotoGP

Pembangunan Sirkuit Mandalika Capai 30 Persen

Senin, 21 Oktober 2019 16:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Direktur utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer mengatakan proses pembangunan sirkuit Mandalika sudah mencapai 30 persen. Ia optimistis akan rampung pada 2020 serta siap untuk tes pramusim sebelum gelaran MotoGP Mandalika 2021.

ITDC selaku BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata Nusa Dua Bali dan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) juga tengah mempersiapkan pembangunan selter (tempat berlindung) sebanyak 12 unit, dan jalur evakuasi.

Tak hanya itu, ITDC juga mempersiapkan standar operasi prosedur (SOP) tanggap bencana, guna meningkatkan rasa aman bagi pengunjung, terutama dalam gelaran internasional MotoGP.

“Pelaksanaan pekerjaan tanah sudah mencapai 30 persen, sedangkan untuk pengaspalan lintasan dijadwalkan Desember 2019,” ujar Abdulbar, dilansir dari laman Antara.

“Sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap, sehingga akhir tahun 2020 kami targetkan pembangunan sirkuit dapat selesai, dan menjamu tes pra-musim 2021 yang diperkirakan berlangsung Febuari atau Maret 2021, sebelum musim 2021 di mulai,” tambahnya.

Abdulbar mengungkapkan bahwa jika sirkuit telah rampung maka bakal memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat NTB dan Indonesia, termasuk membuka lapangan kerja langsung bagi sekitar 7,500 orang dan tambah memberikan investasi lokal sebesar 150 juta dolar AS (Rp2,1 triliun).

Selain itu juga menambah jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia hingga mencapai 300 ribu orang per tahun, serta diperkirakan akan mendorong peningkatan belanja wisatawan sampai 40 juta dolar AS (Rp568 miliar).