Formula 1

Tim Alfa Romeo Akan Hengkang dari Formula 1

Rabu, 23 Oktober 2019 20:03 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Alfa Romeo mobil baru di Formula 1. Copyright: © INDOSPORT
Alfa Romeo mobil baru di Formula 1.

INDOSPORT.COM – Tim Alfa Romeo dikabarkan akan hengkang dari kejuaraan dunia balap mobil Formula 1 pada akhir balapan musim 2020 mendatang.

Menyadur dari pernyataan yang dilontarkan oleh Jurnalis senior Formula 1, Joe Saward kepada F1sport.it, bahwa Alfa Romeo yang menjadi sponsor untuk tim Sauber pada 2018 merasa kecewa dengan hasil tim pada musim ini.

Sehingga nama Alfa Romeo tidak berjalan baik di bursa otomotif, yang membuat kemitraan keduanya tidak berlangsung lama serta berbagai masalah yang menerpa lantaran beberapa kru tidak senang dengan gagasan menjadi tim satelit Ferrari.

"Alfa Romeo tidak berjalan baik di bursa otomotif dan dianggap tidak mungkin bahwa kemitraan akan berlanjut setelah 2020. Hasil tim tahun ini agak mengecewakan dan telah terjadi banyak konflik yang terjadi dibalik senyuman mereka di depan kamera,” kata Saward.

Masalah ini bisa menjadi indikasi bahwa tim kembali akan menggunakan nama Sauber untuk musim 2021. Bahkan kabarnya Ferrari juga tidak akan memasok mesin di 2021 untuk tim satelit tersebut dan Sauber kabarnya akan mencoba mendekati Honda sebagai pemasok mesin.

Meski demikian, belum ada konfrimasi resmi dari pihak Alfa Romeo sendiri terkait rumor akan hengkangnya mereka dari dunia Formula 1.

Sebelumnya, keputusan pergantian diambil setelah Sauber menjalin kerja sama dengan Alfa Romeo sejak tahun lalu. Ini jadi keterlibatan pertama Alfa Romeo di Formula 1 sejak musim 1985.

Meski telah berganti nama, kepemilikan dan manajemen tim Sauber tetap tidak berubah. Mereka berdiri sendiri dan tak terikat dengan Alfa Romeo.