MotoGP

Kunjungi NTB, CEO Dorna Sports Yakin MotoGP Mandalika Bakal Sukses Besar

Selasa, 29 Oktober 2019 12:35 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Indra Citra Sena
© Ofisial MotoGP
CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta. Copyright: © Ofisial MotoGP
CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

INDOSPORT.COM - CEO Dorna Sports SL, Carmelo Ezpeleta, menyampaikan kabar gembira setelah meninjau lokasi pembangunan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di NTB, Senin (28/10/19).

Tak hanya meninjau lokasi, Carmelo Ezpeleta juga sempat mengelilingi lokasi sirkuit yang nantinya memiliki panjang lintasan 4,31 km dan berisikan 17 tikungan. Ezpeleta optimistis penyelenggaraan MotoGP 2021 di sana bakal menyedot banyak penonton.

"Kami optimis MotoGP Mandalika bakal diramaikan banyak penonton. Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit jalan raya pertama. Dan Sirkuit ini akan menjadi ikon sirkuit jalan raya paling indah di dunia," ujar Carmelo Ezpeleta seperti dilansir Antara.

CEO Dorna Sports SL itu juga mengatakan bahwa jumlah penggemar MotoPG di Indonesia salah satu terbesar di dunia. Hal itu didukung dengan jumlah penduduk yang begitu banyak, sehingga ia tidak ragu penyelenggaraan MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika.

Direktur Utama PT Indonesia Tourism Develpmont Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer juga sepakat dengan hal itu. Terlebih lagi, konsep pembangunan Sirkuit Mandalika dibangun di kawasan wisata.

Abdulbar M. Mansoer mencontohkan di MotoGP Thailand yang langsung ditonton 150.000 orang pada tahun pertama (2018). Kemudian di tahun 2019 mendatangkan 220 ribu orang.

Padahal, jarak tempuh ke lokasi sirkuit dari Bangkok mencapai empat jam. Sementara itu, Mandalika bisa ditempuh hanya 30 menit penerbangan dari Bali.

"Kami sangat yakin akan lebih banyak dari Thailand. Melihat animo penonton yang banyak, titip impas (BEP) tidak sampai lima tahun," ucap Abdulbar M. Mansoer.

Sirkuit MotoGP di Mandalika ditargetkan akan selesai tahun depan dan siap pakai pada 2021 mendatang. Kini ,pembangunan Sirkuit Mandalika sudah sampai tahap perataan lahan dan penggalian.