MotoGP

Insiden Pembalap Indonesia, Afridza Munandar Serupa dengan Simoncelli

Sabtu, 2 November 2019 21:52 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pembalap Indonesia Afridza Munandar mengalami insiden memilukan saat menjalani ajang Idemitsu Asia Talent Cup (ATC) Race 1, Sabtu (02/11/19).

Kecelakan yang ia alami di tikungan ke-10 lap pertama Sirkuit Sepang, Malaysia, membuat Afridza Munandar menghembuskan napas terakhir.

Dalam sebuah video tayangan ulang, Afridza Munandar tampak terlihat menabrak pembalap lain sebelum akhirnya jatuh dan motornya keluar dari sirkuit balapan.

Pembalap yang saat ini masih berusia 20 tahun itu sempat mendapat perawatan medis di sisi lintasan, sebelum akhirnya dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan helikopter.

Namun, parahnya luka yang diderita Afridza Munandar membuatnya tak terselamatkan. Kabar duka itu akhirnya dirilis oleh pihak MotoGP.

“Kami turut berduka untuk mengumumkan pembalap @AsiaTalentCup, Afridza Munandar, telah meninggal dunia setelah terlibat dalam insiden selama ATC Race 1 di Sepang.”

“Kami menyampaikan simpati terdalam kami kepada keluarga dan teman-teman Afridza,” tulis pihak MotoGP dalam rilis resmi tersebut.

© TMCBlog
Pembalap Indonesia, Afridza Munandar. Copyright: TMCBlogPembalap Indonesia, Afridza Munandar alami kecelakaan di Sirkuit Sepang.

Insiden kelam tersebut nyatanya hampir serupa dengan kematian yang dialami Marco Simoncelli. Pasalnya, pembalap Italia itu juga mengalami kecelakaan di Sirkuit Sepang.

Akan tetapi bedanya, Simoncelli mengalami insiden mengerikan di tikungan 11. Saat itu Simoncelli kehilangan keseimbangan hingga akhirnya ia terjatuh dari tunggangannya.

Pada saat yang bersamaan, pembalap Monster Tech 3, Colin Edwards menabrak dan melindas bagian bawah tubuh Simoncelli, dan disusul dengan Valentino Rossi yang menyambar di bagian kepala.

Dua pemabalap beda kasta tersebut pun harus kehilangan nyawa di Sirkuit Sepang. Mereka pun akhinya tak bisa mengikuti kompetisi hingga akhir musim.