MotoGP

Afridza Munandar Dianggap Layak Jadi Sosok Pahlawan Olahraga

Selasa, 5 November 2019 07:42 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Dispora Jabar) menyatakan bahwa sosok pembalap Afridza Syach Munandar asal Kota Tasikmalaya yang meninggal dunia saat balapan Asia Talent Cup di sirkuit Sepang, Malaysia layak mendapatkan penghormatan sebagai pahlawan olahraga dari Jabar.

Kepada Dispora Jabar, Engkus Sutisna mengatakan bahwa Afridza Munandar merupakan atlet balap motor asal Kota Tasikmalaya yang telah mengharumkan nama Indonesia dengan menunjukan prestasinya di tingkat nasional.

Namun perjalanan karier Afridza harus berakhir setelah mengalami kecelakaan saat ajang Asia Talent Cup 2019, di sirkuit Sepang, Malaysia pada Sabtu (02/11/19) hingga membuat nyawanya melayang.

“Afridza Munandar adalah pahlawan olahraga Jawa Barat yang gugur di Sepang, Malaysia,” ujar Engkus, dilansir dari laman Antara.

Usai menyampaikan ucapan turut berduka cita dari Pemprov Jabar, Engkus juga menyampaikan bahwa kedatangannya mewakili Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang tak bisa melayat dan menghadiri proses pemakaman atlet balap motor tersebut.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Jabar Hadi Fahrul yang turut hadir juga mengatakan bahwa pihaknya merasa kehilangan dengan meninggalnya Afridza karena kecelakaan saat mengikuti balapan di Malaysia.

Fahrul sendiri mengaku bahwa almarhum sudah dianggap seperti anak sendiri dan sering berkomunikasi sehingga adanya kabar tersebut membuat IMI merasa berduka.

Sementara itu, kedatangan jenazah menggunakan mobil ambulans disambut ribuan warga dan keluarga almarhum, yang juga diwarnai isak tangis sejak memasuki Kota Tasikmalaya hingga sampai ke rumah duka di Perumahan Tamansari Indah, Kelurahan Karsamenak, Kecamatan Kawalu, sekitar pukul 21.30 WIB.