MotoGP

Menpora Pastikan Pembangunan Sirkuit Mandalika Rampung Tepat Waktu

Senin, 11 November 2019 11:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika 2021 bakal rampung tepat waktu. Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika 2021 bakal rampung tepat waktu.

INDOSPORT.COM – Menpora Zainudin Amali memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), bakal rampung tepat waktu, yakni akhir tahun 2020.

Hal tersebut diungkapkan Zainudin Amali usai melakukan pertemuan dengan PT Persero Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), selaku BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata Mandalika.

Menpora sendiri menututkan, ia telah menanyakan soal kesiapan penyelenggaraan MotoGP 2021 sekaligus meminta komitmen ITDC agar turnamen balap internasional itu tetap dilaksanakan.

“Schedule masih jalan. Sampai hari ini kami masih yakin bisa tercapai, akhir 2020 selesai semua,” kata Zainudin Amali, dilansir dari laman Antara.

Sementara itu, Abdulbar M. Mansoer selaku Direktur Utama ITDC belum bisa memberikan informasi secara lebih rinci karena Dorna Sports baru akan merilis jadwalnya pada Agustus 2020.

Selanjutnya, apabila Sirkuit Mandalika telah rampung pada 2020, akan diadakan kompetisi uji coba pramusim yang rencananya diselenggarakan pada Februari atau Maret 2021.

Adapun terkait pembebasan lahan, Abudlbar memastikan seluruh lahan Sirkuit Mandalika yang mencapai 1,175 hektare sudah memiliki Hak Penggunaan Lahan (HPL) atas nama pemerintah. Sebanyak 6.5 hektare yang sudah digunakan pun telah dibebaskan.

Dengan demikian, apabila masih ada pihak yang ingin mengklaim kepemilikan lahan, Abdulbar meminta agar menyelesaikan masalah tersebut di pengadilan.