MotoGP

3 Kandidat Kuat Penerus Jorge Lorenzo yang Bisa Saingi Marquez

Jumat, 15 November 2019 20:43 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Tak ada salahnya untuk menerka 3 kandidat kuar penerus Jorge Lorenzo (pensiun) yang bisa saingi jawara enam kali MotoGP Marc Marquez. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Tak ada salahnya untuk menerka 3 kandidat kuar penerus Jorge Lorenzo (pensiun) yang bisa saingi jawara enam kali MotoGP Marc Marquez.

INDOSPORT.COM - Tak ada salahnya untuk menerka 3 kandidat kuar penerus Jorge Lorenzo (pensiun) yang bisa saingi jawara enam kali MotoGP Marc Marquez.

Dunia balap MotoGP tengah kehilangan salah satu pembalap yang kerap menyulitkan lawan, yakni Jorge Lorenzo pada musim 2019 ini.

Kepastian pensiun itu diumumkan langsung oleh Jorge Lorenzo, dalam konferensi persnya, Kamis (14/11/19) kemarin di Valencia, Spanyol.

Selama kariernya di MotoGP, Jorge Lorenzo sudah tiga kali menjadi juara dunia 2010, 2012, dan 2015 saat mengendarai Yamaha YZR-M1.

Ssepeninggal Lorenzo yang memutuskan pensiun, rekan setim Marc Marquez di Repsol Honda pun kosong. Teka teki akan penggantinya pun menyeruak.

Bahkan Marquez turut memberikan komentar terkait kandidat kuat pengganti Lorenzo nanti. Dirinya menilai ada dua kriteria yang pas.

"Tapi dari sudut pandang saya, seseorang rider yang memiliki segudang pengalaman atau berikan kesempatan kepada beberapa pembalap muda. Itu akan menjadi sebuah tanda tanya untuk Honda," kata Marquez dinukil Crash.

Maka dari itu tak ada salahnya untuk menerka sedikit akan kandidat kuat penerus Jorge Lorenzo yang bisa saja saingi Marc Marquez di Repsol Honda.

1. Cal Crutchlow

© INDOSPORT
Cal Crutchlow juara MotoGP Argentina. Copyright: INDOSPORTCal Crutchlow juara MotoGP Argentina.

Pembalap pertama yang diisukan kuat menjadi penerus Jorge Lorenzo yang bisa saingi Marc Marquez ialah joki asal Inggris Cal Crutchlow (LCR Honda).

Crutchlow menjadi kandidat yang begitu kuat usai memiliki pengalaman mumpuni di MotoGP. Terlebih dirinya telah empat tahun mengendarai motor Honda sejak 2015.

Di sisi lain, Crutchlow juga pernah meraih tiga kemenangan dengan 19 kali naik podium. Hal tersebut menjadi alasan yang masuk akal.

2. Johann Zarco

© INDOSPORT
Pembalap Monster Yamaha Tech 3 Johann Zarco. Copyright: INDOSPORTPembalap Monster Yamaha Tech 3 Johann Zarco.

Kandidat kuat kedua yang dapat menggantikan Lorenzo dan mampu menyaingi Marquez di Repsol Honda adalah joki kelahiran Prancis Johann Zarco.

Terlebih Zarco saat ini sudah tak terikat kontrak dengan KTM pada pertengahan musim ini. Sehingga rumor Zarco bakal mengisi posisi Lorenzo semakin kuat.

Apalgi Zarco juga telah lama berkecimpung di ajang MotoGP. Bahkan dirinya telah membukukan enam kali podium hingga dua kali menjadi runner up pada 2017 dan 2018.

3. Stefan Bradl

© MotoGP
Pembalap tes Honda Stefan Bradl Copyright: MotoGPPembalap tes Honda Stefan Bradl.

Terakhir ada pembalap asal Jerman Stefan Bradl yang juga bisa masuk dalam kandidat pengganti Lorenzo untuk menyaingi Marquez di Repsol Honda.

Bradl sudah tak asing dengan Honda, karena pernah menjadi pebalap LCR Honda selama beberapa musim. Apalagi saat ini dirinya tengah menjadi pembalap tes Honda.

Bradl pun pernah menggantikan Lorenzo pada MotoGP Ceko dan Austria. Sehingga bisa saja Honda memberikan kontrak pada pembalap 29 tahun itu.