Formula 1

Hasil GP F1 Brasil: Penuh Drama, Verstappen Sukses Raih Gelar Juara

Senin, 18 November 2019 02:34 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Coro Mountana
© twitter.com/f1
Balapan Formula One (F1) Gp Brasil 2019 Copyright: © twitter.com/f1
Balapan Formula One (F1) Gp Brasil 2019

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan balap mobil Formula One (F1) GP Brasil pada Senin (18/11/19) dini hari WIB, di mana Max Verstappen berhasil menjadi juara sementara duo Ferrari alami nasib sial usai gagal finis.

Berlangsung di Autódromo José Carlos Pace atau yang lebih dikenal dengan nama sirkuit Interlagos, tim Ferrari kembali gagal meraih hasil positif setelah berada di belakang pembalap Red Bull, Max Verstappen yang keluar sebagai juara.

Memulai balapan dari pole position, pembalap asal Jerman tersebut tak kesulitan untuk menjaga posisinya hingga menyentuh garis finis.

Nasib sial menghampiri Sebastian Vettel, meski start dari urutan kedua namun di saat tikungan pertama dirinya malah berhasil disusul Hamilton, dan peringkat tiga terus ia pertahankan hingga lap-60.

Pembalap Ferrari lain, Charles Leclerc yang start di posisi 14 berhasil melakukan overtaking impresif. Dimulai dengan merangsek naik ke urutan 12 di lap kedua, kemudian naik kembali ke urutan 7 pada lap ke-7.

Lap ke-58 insiden terjadi, berawal dari kerusakan mobil Valtteri Bottas yang menyebabkan safety car masuk ke lintasan. Para pembalap pun saling berdekatan, di lap ke-60 saat safety car keluar para pembalap langsung berusaha melakukan overtaking.

Duel seru Verstappen dan Hamilton terjadi, namun Verstappen berhasil mempertahankan posisi pertama. Sementara Vettel yang sebelumnya di peringkat ketiga, dikejutkan dengan overtaking pembalap Thailand, Alexander Albon.

Ferrari benar-benar sial di balapan kali ini, Charles Leclerc yang berusaha menyalip Sebastian Vettel malah membuat keduanya bertabrakan dan tak bisa melanjutkan balapan.

Safety car kembali masuk ke lintasan, peringkat pertama masih dipegang Verstappen sedangkan Alexander Albon merangsek naik ke urutan dua setelah Hamilton masuk ke pit stop.

Hingga memasuki last lap kejutan masih terjadi di Interlagos, Alexander Albon yang hampir meraih podium pertamanya di ajang Formula One malah bersenggolan dengan Hamilton dan gagal melanjutkan balapan.

Balapan berakhir dan menghasilkan Verstappen sebagai juara pertama, diikuti Pierre Gasly dan Lewis Hamilton sebagai peringkat kedua dan ketiga. Namun kabar terbaru dari pihak Formula 1 menyatakan bahwa Hamilton terkena penalti 5 detik akibat insiden dengan Albon.

Akibatnya, Hamilton harus turun ke tempat 7, sedangkan podium posisi 3 diberikan kepada Carlos Sainz Jr.

Hasil balapan F1 GP Brasil 2019:

  1. Max Verstappen (Red Bull Racing-Honda)
  2. Pierre Gasly (Scuderia Toro Rosso-Honda)
  3. Carlos Sainz Jr. (McLaren-Renault)

  4. Kimi Räikkönen (Alfa Romeo Racing-Ferrari)

  5. Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo Racing-Ferrari)

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%