MotoGP

Tes Motor Anyar, Valentino Rossi: Mesin Yamaha Harus Dirombak 7 Kali!

Kamis, 21 November 2019 16:21 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Valentino Rossi menyebutkan Yamaha harus merombak mesin tunggangannya, YZR-M1, sebanyak tujuh kali agar tetap bersaing di MotoGP 2020 Copyright: © Jose Breton/Pics Action/NurPhoto via Getty Images
Valentino Rossi menyebutkan Yamaha harus merombak mesin tunggangannya, YZR-M1, sebanyak tujuh kali agar tetap bersaing di MotoGP 2020

INDOSPORT.COM - Pembalap kawakan MotoGP, Valentino Rossi, menyebutkan mesin Yamaha untuk motornya, YZR-M1 2020, membutuhkan tujuh kali perombakan untuk mencapai apa yang ia inginkan.

Melansir dari GPOne, Rossi melakukan tes di Sirkuit Valencia dengan tunggangan anyarnya tersebut. Namun dalam sesi tes tersebut, ia hanya menjadi yang tercepat kesembilan, dan masih kalah dengan rider lainnya.

"Saya tak berkendara dengan baik dan menggunakan kecepatan yang baik. Tahun 2019 ini, kami (Yamaha) tak menemukan settingan yang tepat untukku. Kemarin (saat tes) kami mengambil langkah kecil dan sesuatu hal nampak lebih baik hari ini," ujar Rossi.

Ia pun turut mengomentari evolusi mesin yang dilakukan Yamaha terhadap tunggangan anyarnya, YZR-M1 2020. Seraya bercanda, Valentino Rossi menyebutkan bahwa pabrikan asal Jepang tersebut setidaknya butuh tujuh kali perombakan hingga tunggangannya menjadi sempurna.

"Saya kira tujuh kali (perubahan). Saya tak tahu tapi Yamaha tengah bekerja keras dan saya harap akan ada langkah maju kedepannya," imbuhnya seraya tertawa.

Sebagai pelengkap, Yamaha mendapat protes dari beberapa ridernya atas kinerja mesin yang dianggap masih kalah saat melaju di trek lurus dibandingkan pabrikan lainnya. 

Valentino Rossi sendiri akan kembali mengendarai YZR-M1 2020 di MotoGP musim depan. Catatan buruk pada musim 2019 akan coba dihapus rider asal Italia ini pada musim selanjutnya.