T2 Motorsports Bawa Nama Indonesia di Ajang Balap Asian Le Mans Series

Minggu, 24 November 2019 13:43 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© T2 Motorsports Media Release
Mobil T2 Motorsports yang akan digunakan Rio Haryanto dan David Tjipto di ajang Asian Le Mans Series. Copyright: © T2 Motorsports Media Release
Mobil T2 Motorsports yang akan digunakan Rio Haryanto dan David Tjipto di ajang Asian Le Mans Series.

INDOSPORT.COM – T2 Motorsports berhasil bergabung dengan Asian Le Mans Series untuk musim 2019/20 mendatang, usai menjalani sesi free practice 2 dan kualifikasi pada Sabtu, 23 November 2019.  Tim yang dipimpin Irmawan Poedjoadi menjadi satu-satunya motorsport yang membawa nama Indonesia.

Asian Le Mans Series merupakan ajang balap ketahanan dengan durasi 4 jam untuk setiap racenya, yang nantinya akan mengantar para pemenang dari 4 kategori (LMP2, LMP2 AM, LMP3 dan GT) menuju Le Mans 24 Hours yang akan berlangsung pada tanggal 13-14 Juni 2020 mendatang di Circuit de la Sarthe, Le Mans, Perancis.

Rio Haryanto, David Tjipto dan Christian Colombo menjadi pembalap asal Indonesia yang di turunkan oleh T2 Motorsports di ajang ketahanan Asian Le Mans Series 2019/2020. Ini berbeda dengan ajang yang diikuti oleh T2 Motorsports sebelumnya.

Asian Le Mans Series mengadakan sesi kualifikasi sebanyak satu kali dengan syarat hanya satu pembalap yang berhak turun untuk mewakili timnya. Dalam kesempatan kali ini, Rio Haryanto dipercaya T2 Motorsports untuk mengemudi di trek sepanjang 5,4 kilometer yang diselenggarakan di Shanghai International Circuit, Jiading.

Kepercayaan itu membuat Rio Haryanto berhasil memperoleh posisi keenam dengan catatan waktu 2:06.290. Menurut Irmawan Poedjoadi selaku Team Principal T2 Motorsports, hasil kualifikasi itu cukup kompetitif

“Jika dibandingkan dengan pembalap yang lain, catatan waktu yang kami peroleh cukup kompetitif. Hasil kualifikasi Rio Haryanto pada hari Sabtu menentukan posisi grid tim T2 Motorsports untuk race perdana T2 dalam ajang Asian Le Mans Series yang akan dihelat  hari Minggu,” imbuh Irmawan Poedjoadi dilansir dari Asianlemansseries.

Ajang balap ketahanan dengan durasi 4 jam ini mengharuskan pembalap untuk bergantian mengisi race dengan durasi minimum 60 menit. Pembalap T2 pertama yang akan berada di belakang kemudi pada Minggu yaitu David Tjipto.

Pada bulan September lalu, Rio Haryanto dan David Tjipto melakukan uji coba di lintasan Shanghai International Circuit, dengan melakukan tes drive tentu saja akan menjadi poin tambahan untuk kedua pembalap unggulan T2 Motorsports ini.

“Ya, kami ke sini bulan September lalu untuk ajang Blancpain GT World Challenge Asia, namun yang berbeda adalah temperaturnya di mana saat ini temperaturnya lebih rendah dibanding bulan September lalu dan membuat lintasan lebih licin tentunya” lanjut David Tjipto.

Ajang balapan kali ini, T2 akan menghadapi mantan pembalap F1 salah satunya Roberto Merhi. Selain Roberto, T2 akan menghadapi dua calon pebalap F1 dari Ferrari, dan pemenang 24 Hours of Le Mans di kelas GTE pembalap-pembalap official BMW, Aston Martin.

Pada hari ini, Rio Haryanto akan menjalani balap ketahanan pertamanya dan berharap race akan berjalan dengan lancar, hingga memperoleh hasil yang baik tanpa adanya kerusakan maupun insiden yang tidak diinginkan.

Penulis: Kurnia Sandi