Formula 1

Mengenal Presley Martono, Pembalap Masa Depan Indonesia di Formula 1

Jumat, 29 November 2019 19:36 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© motorsport
Presley Martono, merupakan anak muda Indonesia yang disebut-sebut sebagai pembalap masa depan Tanah Air di kejuaraan balap mobil Formula 1 (F1). Copyright: © motorsport
Presley Martono, merupakan anak muda Indonesia yang disebut-sebut sebagai pembalap masa depan Tanah Air di kejuaraan balap mobil Formula 1 (F1).

INDOSPORT.COMPresley Martono, merupakan anak muda Indonesia yang disebut-sebut sebagai pembalap masa depan Tanah Air di kejuaraan balap mobil Formula 1 (F1).

Nama Presley Martono sempat sempat melambung lantaran ia sukses mengharumkan nama Indonesia di Formula 4. Pemuda yang kini berusia 18 tahun itu mengharumkan nama Indonesia dengan menjadi juara di ajang Formula 4 South East Asia (SEA) musim 2016/17.

Prestasi itu dipetik Presley setelah ia sukses memenangi sembilan kali dalam 36 balapan di enam seri yang dihelat di berbagai negara di Asia Tenggara.

Namun siapa sangka bahwa Presley sebenarnya tak pernah terbesit dalam pikirannya untuk menjadi seorang pembalap. Namun hal tersebut berubah usai ia mengikuti sang ayah, Perry Martono yang memiliki hobi membalap di sirkuit Sentul, Bogor.

Ia kemudian menjajal Gokart yang menjadi balapan pertama yang digelutinya dan sempat menjuarai beberapa kejuaraan nasional dan internasional. Hal ini juga turut mengantarkannya berkecimpung di ajang balap Formula 4 SEA.

Di sisi lain, meski berprestasi di lintasan balap dan memiliki peluang untuk tampil di Formula 1 di masa depan. Akan tetapi tak membuat Presley Martono melupakan pendidikannya.

Berdasarkan wawancara eklusif dengan tim INDOSPORT, ia kini sedang mengenyam pendidikannya di Amerika Serikat, serta fokus bekerja dengan magang di beberapa perusahaan.  

Pembalap yang mengidolakan sosok Lewis Hamilton tersebut juga mengatakan bahwa dirinya belum memiliki rencana untuk mengikuti balapan di musim 2020. Namun Presley menambahkan jika dirinya mendapatkan sponsor, maka dia bisa saja kembali membalap.

Rencananya, ia ingin turun di kejuaraan balap Formula 3 (F3). Tetapi nampaknya hal tersebut akan sulit dilaksanakan lantaran Presley sendiri mengaku bahwa selama berkompetisi di kejuaraan internasional ia tak mendapatkan dukungan dari pemerintah, dan semua didapatkan dari pihak keluarga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%