MotoGP

Dunia Balap Berduka, Legenda Kawak Asal Australia Tutup Usia

Senin, 2 Desember 2019 19:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kabar duka datang dari dunia MotoGP dan Formula 1 setelah legenda balap asal Australia, Ken Kavanagh, menghembuskan napas terakhirnya pada usia 96 tahun.

Legenda yang memiliki nama lengkap Thomas Kenrick Kavanagh tersebut meninggal dunia lantaran dimakan usia serta penyakit yang dideritanya. Ia tutup usia di Bergamo, Italia, akhir November lalu. 

Ken Kavanagh sendiri merupakan tokoh bersejarah dalam dunia balap Australia, lantaran mampu menjadi pembalap motor asal Negeri Kanguru pertama yang mampu naik podium di ajang 350cc Grand Prix Ulster pada tahun 1951 silam.

Kemudian ia terus memperpanjang tren positifnya di sejumlah kejuaraan 250cc, 300 cc ,dan 500cc bersama tim Norton dan Moto Guzzi. Termasuk pula di kejuaraan balap motor Isle of Man pada 1956, sebagaimana dilansir dari laman GP One.

Ia juga sempat membela tim Ducati di kelas 125cc pada musim 1959 hingga 1960, namun tak mampu mengulang masa kejayaannya seperti musim-musim sebelumnya.

Selain membalap di ajang kejuaraan motor, Ken Kavanagh juga sempat menjajal dunia Formula 1 pada musim 1958 dengan bergabung bersama tim Maserati termasuk di ajang nonkejuaraan selama tiga musim.

Namun peruntungannya tak sebaik di ajang balap motor, sehingga ia memutuskan untuk kembali membalap di kejuaraan kuda besi sebelum akhirnya memutuskan untuk pensiun pada tahun 1960.

Dalam dunia balap motor, Ken Kavanagh mampu meraih lima kemenangan dan 24 podium serta mengoleksi 170 poin. Sementara itu, balapan kompetitif terakhirnya di ajang Formula 1 ialah saat mengikuti seri balapan GP Belgia pada 1958.