MotoGP

Kisah Miris Casey Stoner Hingga Putuskan Pensiun dari MotoGP

Rabu, 4 Desember 2019 15:08 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Casey Stoner menceritakan kisah mirisnya yang juga membuat ia pensiun dari dunia MotoGP. Copyright: © Getty Images
Casey Stoner menceritakan kisah mirisnya yang juga membuat ia pensiun dari dunia MotoGP.

INDOSPORT.COM – Legenda MotoGP, Casey Stoner, memiliki kisah miris dan mengaku bahwa dirinya telah didiagnosa mengalami kelelahan kronis, dan bahkan menjadi alasannya pensiun dari balapan.

Saat diwawancarai dalam sebuah podcast Rusty's Garage, rider yang gantung helm pada akhir musim 2012 tersebut mengaku kondisi fisiknya saat ini cukup parah hingga tak bisa menggeber motornya dengan benar dan tak bisa menikmati hobinya bermain gokart dan panahan.

Mantan juara dunia MotoGP dua kali itu juga mengaku kondisinya tersebut membuat Stoner sudah tak lagi bermain gokart dan panahan selama setahun.

"Belakangan ini, saya belum lagi melakukan hal-hal yang biasa saya nikmati. Rasanya agak frustrasi. Dengan kelelahan kronis, saya tak bisa tetap bugar dan sehat,” tutur Casey Stoner.

“Tulang rusuk saya kerap bergeser, dan mereka terhubung dengan tulang belakang. Mereka keluar dari tempatnya dan membuat punggung saya sakit," lanjutya.

Rider asal Australia tersebut mengaku tak bisa menjalani latihan fisik di gym karena punya masalah pada persendiannya yang mengalami kebocoran. Stoner juga saat ini tengah menjalani pengobatan intensif demi menjaga dirinya tetap bugar dan sehat agar bisa menjalani aktivitas sehari-hari.

Selain mengalami kelelahan kronis, ia juga sempat mengalami intoleransi laktosa usai muntah di dalam helmnya saat finis ketiga di MotoGP Catalunya, Spanyol, pada 2009.

Masalah kesehatan serta tekanan yang diterimanya selama menjadi pembalap membuat ia memutuskan untuk pensiun pada 2012. Stoner kemudian menjadi test rider Honda pada 2013-2015.

Casey Stoner juga sempat menjadi pembalap penguji bagi tim Ducati pada 2016-2018, dan aksinya di atas lintasan balap ialah saat uji coba di sirkuit Sepang, Malaysia pada 2018 lalu.