MotoGP

Marco Melandri Beberkan Perbedaan MotoGP Dulu dan Sekarang

Selasa, 17 Desember 2019 10:41 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COMMarco Melandri secara blak-blakan membeberkan perbedaan kejuaraan MotoGP pada zamannya dengan balapan motor paling bergengsi tersebut saat ini. 

Sang legenda balap itu mengatakan bahwa kuda besi yang digunakan di kejuaraan MotoGP saat ini lebih mudah ditunggangi dibandingkan saat dirinya masih membalap.

Sejumlah hal seperti desain motor, ban, keterampilan para rider sebagai penunjang dan hal lainnya menjadi pembeda balapan MotoGP dulu dan sekarang.

“Saat itu kami sedang mengemudi tanpa bantuan elektronik, motor dimulai dengan cepat melalui highside. Itu lebih sulit bagi pemula pada saat itu, tapi kini highside tak digunakan untuk memulai balapan dan menggunakan four-stroke system yang memudahkan rider,” ujar Marco Melandri.

“Tapi salah satu perbedaan utama adalah bahwa desain motor semakin mirip dan kualitas ban baru membuat para rider menjadi cepat, apalagi ditunjang dengan keterampilan yang dimiliki seperti yang disuguhkan Marc Marquez,” tambahnya, dilansir dari berita MotoGP laman Motorsan.

Di sisi lain, Melandri baru saja memutuskan untuk pensiun dari kejuaraan World Superbike (WSBK) musim 2019 ini nampaknya ia tak bisa jauh dari ajang balap motor.

Ia mengungkapkan bahwa dirinya tertarik untuk menjajal dunia MotoE usai berkesempatan menjajal kuda besi Energica selaku pemasok motor listrik di kejuaraan bergengsi tersebut, sekaligus menjadi indikasi mantan rider MotoGP akan segera banting stir.

Sekadar informasi, Marco Melandri merupakan mantan rider asal Italia yang menjuarai GP250 pada 2002. Di ajang MotoGP ia sukses menahbiskan diri sebagai runner-up musim 2005, di belakang Valentino Rossi.

Ia juga sempat menjadi runner-up GP125 pada 1999. Sementara di kejuaraan WSBK, ia sempat menduduki peringkat kedua pada musim 2011 bersama Yamaha, sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada Oktober 2019 lalu.