Bangga! Galang Hendra Resmi Naik Kasta di Kejuaraan Balap Motor Dunia

Jumat, 20 Desember 2019 09:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© Yamaha Racing Indonesia
Galang Hendra Pratama akan mengaspal di kejuaraan balap motor dunia usai resmi naik kasta ke World Supersport (WorldSSP) 2020 bersama tim bLU cRU Yamaha. Copyright: © Yamaha Racing Indonesia
Galang Hendra Pratama akan mengaspal di kejuaraan balap motor dunia usai resmi naik kasta ke World Supersport (WorldSSP) 2020 bersama tim bLU cRU Yamaha.

INDOSPORT.COM – Pembalap muda asal Indonesia, Galang Hendra Pratama akan mengaspal di kejuaraan balap motor dunia usai resmi naik kasta ke World Supersport (WorldSSP) 2020 bersama tim bLU cRU Yamaha.

Hal tersebut secara resmi diumumkan oleh Yamaha Motor Europe di situs resminya, Yamaha Racing, bahwa rider binaannya akan tampil di kelas WSSP2020, Kamis (19/12/19).

Nantinya, Galang Hendra akan bertandem dengan Andy Verdoia (Prancis) di tim yang merupakan lanjutan dari pengembangan pembalap muda Yamaha untuk bersaing di ajang World Superbike (WSBK), dan akan ditangani langsung oleh MS Racing selaku mitra Yamaha di WorldSSP300 sejak 2017.

Ketertarikan Yamaha dalam merekrut Galang, lantaran rider kebanggaan Indonesia mampu menunjukan peningkatan performa. Sebelumnya ia sempat balapan di WorldSSP300 sebagai pembalap wildcard di dua seri balapan pada 2017, namun masalah teknis saat di Portugal membuatnya ia gagal finis.

Kemudian setahun setelahnya, Galang mendapatkan kontrak semusim penuh di WorldSSP300 dan hanya mampu finis diperingkat 10. Meski pada musim 2019 ia tak mampu meraih podium namun nyatanya ia peringkatnya naik ke posisi tujuh, hal ini pun membuat Yamaha tertarik untuk kembali merekrutnya.

Hal tersebut pun diakui oleh Manajer Road Racing Yamaha Motor Europe, Andrea Dosoli yang dengan bangga memperkenalkan Galang Hendra dan Andy Verdoia di tim bLU cRU Yamaha WorldSSP 2020.

“Awalnya, saya ingin meletakkan Galang dan Andy dalam tim-tim WorldSSP lain, tapi kami telah melihat di WorldSSP 200 tahun ini bahwa pembalap bLU cRU kami saling belajar dan meraih kepercayaan diri lewat pengalaman-pengalaman mereka,” ujar Andrea Dosoli.

“Jadi memisahkan mereka akan terasa sulit, dengan menandemkannya di tim yang sama yang lebih penting ialah perkembangan bakal diprioritaskan ketimbang hasil. Kami harus fokus berupaya untuk membantu mereka memunculkan performa mereka,” tambahnya

Nantinya, Galang Hendra Pratama dan Andy Verdoia bakal tampil di WSSP 2020 dengan menggeber motor Yamaha YZF-R6 serta akan melakoni uji coba pramusim WorldSSP di Jerez, Spanyol, pada 22 Januari 2020 mendatang.