Formula 1

Tak Ada Pembalap Nomor 1 di Tim Ferrari Musim Depan, Kenapa?

Kamis, 26 Desember 2019 12:36 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Rafif Rahedian
© PlanetF1
Pada balapan Formula 1 2020, tim Ferrari tak memiliki pembalap nomor 1 lantaran Mattia Binotto akan memperlakukan Sebastian Vettel dan Charles Leclerc setara. Copyright: © PlanetF1
Pada balapan Formula 1 2020, tim Ferrari tak memiliki pembalap nomor 1 lantaran Mattia Binotto akan memperlakukan Sebastian Vettel dan Charles Leclerc setara.

INDOSPORT.COM – Pada balapan Formula 1 2020, tim Ferrari tak memiliki pembalap nomor 1 lantaran Mattia Binotto selaku sang bos tim memutuskan untuk memperlakukan Sebastian Vettel dan Charles Leclerc secara setara.

Pada musim depan, Binotto akan memperlakukan Vettel dan Leclerc secara setara dan tidak akan memprioritaskan siapapun sebagai pembalap nomor satu di tim.

Tim Formula 1 memiliki tradisi menentukan status pembalap utama dan tandem di awal musim. Namun Ferrari memutuskan untuk tak menggunakan tradisi tersebut pada musim depan demi meminimalisir gesekan dan tensi tinggi di antara kedua pembalapnya.

“Kami akan memperlakukan mereka secara setara dan akan membebaskan mereka untuk saling bersaing. Meski nantinya agak sulit untuk meredam emosi dan ambisi pribadi di antara kedua pembalap namun kami terus berusaha mengelola mereka,” ujar Mattia Binotto, dilansir dari Inside Racing.

“Kami percaya hal ini bisa mengoptimalkan tim untuk meraih banyak poin di musim selanjutnya, dan kami mencoba melakukan hal ini di awal musim,” tambahnya.

Nampaknya keputusan tersebut lantaran Ferrari ingin belajar dari kesalahan. Pada musim lalu, tim asal Moranello, Italia itu memutuskan untuk menunjuk Sebastian Vettel sebagai pembalap utama.

Namun nyatanya ia malah tampil melempem, sementara Charles Leclerc mampu tampil impresif di musim debutnya bersama Ferrari. Hal tersebut ternyata menjadi gesekan dan memicu perseteruan di antara kedua pembalap.