MotoGP

Mesin Baru Aprilia untuk MotoGP 2020 Tiru Honda dan Ducati?

Kamis, 2 Januari 2020 18:10 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Aprilia Gresini Racing
Aprilia dirumorkan akan menggunakan mesin baru V4 90 derajat yang juga digunakan Honda dan Ducati jelang MotoGP 2020. Copyright: © Aprilia Gresini Racing
Aprilia dirumorkan akan menggunakan mesin baru V4 90 derajat yang juga digunakan Honda dan Ducati jelang MotoGP 2020.

INDOSPORT.COM - Pabrikan asal Italia, Aprilia, akan meniru jejak Honda dan Ducati dengan memakai konfigurasi mesin V4 90 derajat pada gelarang MotoGP 2020.

Seperti yang disadur dari laman Motorsport Magazine, mesin V4 90 derajat seniri memiliki performa lebih apik dalam akselerasi dan juga pengereman. Disebutkan, mesin ini memiliki pembakaran yang optimal dan pengurangan gesekan serta keseimbangan yang baik ketimbang V4 75 derajat.

Petinggi Aprilia, Romano Albesiano, secara terbuka menolak bahwa timnya ingin menggunakan V4 90 derajat. Namun, ia menyebut karakteristik mesin yang akan dipakai timnya akan lebih baik ketimbang V4 75 derajat yang sebelumnya dipakai. Ini merujuk pada konfigurasi mesin yang dipakai oleh Honda dan Ducati.

"Mesin terbaru ini akan membuat kami mendapatkan kekuatan lebih dan pengereman yang lebih efisien. Juga kami telah mendesain ulang mesinnya, sehingga kami memiliki mesin baru dan memberi kami langkah lebih baik kedepannya," ujar Albesiano.

Sebelumnya, Aprilia sendiri menggunakan V4 75 derajat sejak 2016. Namun hasil yang didapatkan dirasa kurang maksimal. Sehingga bukan tidak mungkin rumor yang menyebut pabrikan asal Italia tersebut akan mengikuti jejak Honda dan Ducati menyeruak ke permukaan.

Aprilia sendiri mencanangkan target apik di 2020 usai di MotoGP 2019 mendapat poin paling rendah dengan 88 poin, tepat dibelakang KTM dengan 111 poin.