Formula 1

Balapan di Ajang F1, Alexander Albon Jadi 'Pahlawan' di Thailand

Senin, 6 Januari 2020 05:27 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pembalap Red Bull Racing, Alexander Albon, dianggap sebagai 'pahlawan' oleh masyarakat Thailand lantaran mampu membalap di kejuaraan Formula 1 (F1).

Melansir dari laman GP Today, Albon mengaku bahwa dirinya seolah-olah dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat negara berjuluk Gajah Putih itu dan popularitasnya pun semakin melonjak di Thailand.

Pasalnya, Albon menjadi pembalap pertama asal Thailand yang bisa menembus kejuaraan F1, setelah Pangeran Birabongse pada tahun 1954 silam. Tak heran, Albon sangat dibanggakan di negara kelahiran sang ibu tersebut.

“Rasanya seperti saya semakin populer di Thailand, dan setiap saya pulang kampung ke sana ,saya disambut bak pahlawan oleh masyarakat,” ujar Alexander Albon.

Tak hanya itu, pembalap berusia 23 tahun tersebut juga berharap bisa melihat lebih banyak pembalap Thailand yang bisa menembus ajang F1 di masa depan, lantaran ia percaya negaranya memiliki cukup bekal untuk mewujudkannya.

"Saya ingin lebih banyak orang dari Thailand yang terlibat dalam Formula 1. Ini adalah olahraga yang sangat menarik dan kami telah memiliki fasilitas dan trek untuk mewujudkannya,” tambahnya.

Meski demikian, Alexander Albon juga tak menampik keinginannya tersebut akan sulit terlaksana lantaran untuk membalap di kejuaraan Eropa membutuhkan finansial yang besar, dan hal tersebut juga menjadi salah satu faktor penghambat.