MotoGP

Bongkar Borok, Eks Rider MotoGP Sebut Kemenangan Rossi dan Marquez Sudah Di-setting

Minggu, 26 Januari 2020 11:24 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© MotoGP
Eks rider MotoGP, Anthony West, membuat pernyataan kontroversial yang menyeret nama Valentino Rossi dan Marc Marquez. Copyright: © MotoGP
Eks rider MotoGP, Anthony West, membuat pernyataan kontroversial yang menyeret nama Valentino Rossi dan Marc Marquez.

INDOSPORT.COM - Mantan pembalap MotoGP, Anthony West, menggemparkan dunia balap dengan mengeluarkan pernyataan menuduh Federasi Balap Motor Dunia (FIM) diisi orang korup, yang sengaja membuat Valentino Rossi dan Marc Marquez juara dunia.

Melansir dari GPOne, masalah dimulai saat FIM melarang West kembali melaju di arena balap setelah terindikasi doping pada September 2018 silam. Pembalap berusia 38 tahun ini pun memutuskan membalap di Superbike National Brazil (yang belum diakui FIM), dengan Kawasaki.

Namun Anthony West mengklaim FIM menekan Kawasaki sehingga ia tidak dapat membalap lagi. Tak pelak perbuatan federasi balap motor tersebut membuat rider asal Australia ini geram dan mengeluarkan pernyataan mengejutkan.

Melalui media sosial, ia menyebut bahwa FIM berisi orang korup dan curang saja sehingga mereka akan memenangkan pembalap yang memiliki dukungan finansial masif. 

"Jangan pernah berpikir untuk menjadi juara dunia itu perlu kerja keras. Kalau ingin juara, harus bayar," tulis Anthony West.

Curhatan West tersebut menyasar dua nama, yakni Valentino Rossi dan Marc Marquez. Menurutnya, gelar juara dunia yang keduanya raih telah diatur oleh FIM.

"Mereka membiarkan Marquez memenangi Moto2 dengan kecurangan. Tim Thomas Luthi protes, tetapi FIM menyuruhnya diam, Spanyol butuh juara baru, terima saja peringkat kedua atau di bawahnya,

"Rossi pun demikian. FIM memuluskannya menjadi juara dunia dengan membiarkannya memakai ban yang khusus dibuat untuknya, yang cocok dengan trek," lanjut tulisan West.

Tak pelak pernyataan ini membuat geger dunia balap. Pasalnya, West tak hanya membombardir FIM, melainkan juga dua nama besar di dunia MotoGP, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Hingga artikel ini dimuat, belum ada tanggapan dari FIM terkait pernyataan Anthony West. Jika terbukti benar, bukan tidak mungkin ini akan menjadi sebuah skandal terbesar dalam dunia olahraga.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%