Formula 1

2 Seri Balapan Formula 1 2020 Terancam Dibatal, Kenapa?

Rabu, 29 Januari 2020 15:20 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© formula1.com
Dua seri balapan Formula 1 untuk musim 2020 yakni Grand Prix (GP) Australia dan China terancam dibatalkan lantaran situasi dan kondisi yang tak memungkinkan. Copyright: © formula1.com
Dua seri balapan Formula 1 untuk musim 2020 yakni Grand Prix (GP) Australia dan China terancam dibatalkan lantaran situasi dan kondisi yang tak memungkinkan.

INDOSPORT.COM – Dua seri balapan Formula 1 untuk musim 2020 yakni Grand Prix (GP) Australia dan China terancam dibatalkan lantaran situasi dan kondisi yang tak memungkinkan.

Melansir dari laman Beyond The Flag, seri balapan GP Australia 2020 yang akan menjadi balapan pembuka dan digelar pada 15 Maret mendatang terancam dibatalkan menyusul insiden kebakaran hebat yang melanda Negeri Kangguru tersebut sejak September 2019 lalu.

Pasalnya, bencana alam kebakaran hebat tersebut bisa mempengaruhi kualitas udara yang bisa mempengaruhi performa pembalap saat sedang bertanding.

Sementara GP China yang menjadi seri balapan keempat yang akan berlangsung pada 19 April 2020 mendatang juga terancam dibatalkan menyusul wabah virus Corona yang bisa mengancam jiwa.

Sebelumnya, Federasi Olahraga Automobil dan Sepeda Motor China (CAMF) telah mengeluarkan pernyataan soal pembatalan reli mobil di Changbaishan yang rencananya digelar Februari mendatang.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengumumkaan akan menunda seluruh acara balap di Negeri Tirai Bambu tersebut sampai akhir April nanti. Ini berarti, seri balapan GP China pada 17-19 April di Shanghai juga berpotensi dibatalkan.

Jika kedua seri balapan tersebut dibatalkan, maka gelaran Formula 1 2020 tak akan mencetak rekor seri balapan terbanyak yakni 22 balapan dalam satu musim lantaran GP Australia dan China akan dihapuskan. Praktis, hanya akan 20 seri balapan saja.