Formula 1

Beri Keuntungan, Kawasan Kemayoran Bisa Dijadikan Rute Formula E

Senin, 10 Februari 2020 17:13 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta. Kawasan Kemayoran, bisa menjadi rute untuk kejuaraan balap mobil Formula E yang bakal di gelar di Jakarta usai kawasan Monas dilarang jadi rute balapan. Copyright: © Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images/Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta. Kawasan Kemayoran, bisa menjadi rute untuk kejuaraan balap mobil Formula E yang bakal di gelar di Jakarta usai kawasan Monas dilarang jadi rute balapan.

INDOSPORT.COM – Kawasan Kemayoran, bisa menjadi rute untuk kejuaraan balap mobil Formula E yang bakal di gelar di Jakarta setelah kawasan Monumen Nasional (Monas) dilarang jadi rute balapan tersebut.

Dirut Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPK Kemayoran), Medi Kristianto mengungkapkan bahwa pihaknya dengan senang hati siap dan bahkan menawarkan kepada Penyelenggara Formula E untuk menggunakan kawasan Kemayoran dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, PPK Kemayoran menganggap akan banyak keuntungan yang dapat diperoleh, jika Formula E nantinya diselenggarakan di kawasan Kemayoran.

Track Formula E dapat dibuat lebih permanen, tanpa harus bongkar pasang. Selain itu pilihan lintasannya juga lebih banyak, bervariatif, dan panjang,” ujar Medi Kristianto seperti dilansir dari laman Antara.

Menurut dia, hal yang diperlukan jika Formula E diadakan di kawasan itu hanya sedikit rekayasa lalu lintas, untuk meminimalisasi kemacetan saat pengerjaan berlangsung.

Saat ini Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (BLU PPK Kemayoran) menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama untuk mencegah bajir.

Kedua pihak tersebut tengah mengupayakan langkah jangka pendek, menengah, dan panjang agar kawasan jalan lintas bawah (underpass) Timur Jakarta Pusat bebas banjir.

Untuk jangka pendek, PPK Kemayoran akan melakukan normalisasi drainase oleh 100 tenaga kebersihan dengan dibantu personel dan alat berat oleh Pemerintah Provinsi DKI yakni Jakarta Utara dan Jakarta Pusat yang dimulai 7 Februari 2020.

Dalam jangka menengah dan panjang akan dilakukan pembangunan rumah pompa, kolam penampung air, dan pompa di lokasi yang telah ditentukan.

Medi lebih lanjut berharap kepada penghuni dan masyarakat luas yang mengakses kawasan Kemayoran agar selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat-tempat yang telah ditentukan sehingga tidak menyumbat drainase kawasan.